Scroll untuk baca artikel
Resep

Cara Membuat Cireng Kukus yang Lezat Mudah dan Sehat di Rumah

×

Cara Membuat Cireng Kukus yang Lezat Mudah dan Sehat di Rumah

Sebarkan artikel ini
Cara Membuat Cireng Kukus

Cara Membuat Cireng Kukus – Resep mudah membuat camilan enak dari tepung tapioka yang lembut dan gurih. Siapkan bahan dan ikuti langkahnya!

Apakah kamu pernah mencicipi Cireng Kukus? Rasanya yang gurih dan kenyal membuat siapapun pasti jatuh hati dengan makanan khas Sunda ini. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya membuat Cireng Kukus tidaklah sulit? Dengan beberapa langkah sederhana, kamu bisa membuat Cireng Kukus sendiri di rumah. Yuk, kita simak cara membuat Cireng Kukus yang lezat ini!

Pendahuluan

Cireng kukus adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia yang sangat populer. Makanan ini terbuat dari tepung tapioka dan bahan-bahan lainnya yang diolah dengan cara dikukus. Cireng kukus biasanya disajikan dengan saus kacang atau sambal. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti keju, jagung, atau sayuran sesuai selera.

Cireng

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat cireng kukus antara lain:

  • 250 gram tepung tapioka
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 300 ml air matang

Cara Membuat

Langkah 1: Campurkan Bahan

Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tepung

Langkah 2: Tambahkan Air

Tuangkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

Air

Langkah 3: Bentuk Adonan

Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil atau sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti potongan keju atau jagung.

Baca Juga!  Cara Membuat Kacang Telur
Bulatan

Langkah 4: Kukus Cireng

Siapkan kukusan dengan api sedang. Letakkan cireng yang sudah dibentuk pada loyang atau daun pisang yang sudah diolesi minyak goreng. Kukus cireng selama 10-15 menit atau hingga matang.

Kukusan

Langkah 5: Angkat dan Sajikan

Setelah matang, angkat cireng dan sajikan dengan saus kacang atau sambal sesuai selera.

Saus

Kesimpulan

Cara membuat cireng kukus sangat mudah dan praktis. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan membaca artikel tentang cara membuat cireng kukus. Kami harap kamu telah menemukan informasi yang berguna dan bisa mencoba membuat cireng kukus sendiri di rumah. Berikut adalah kesimpulan atau ringkasan dari artikel tersebut.

Cireng kukus merupakan salah satu camilan favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Cireng kukus ini memiliki rasa yang enak, gurih, dan mudah untuk dibuat. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan hingga tahapan cara membuat cireng kukus yang mudah diikuti oleh siapa saja.

Kami berharap kamu bisa mengikuti panduan yang kami berikan dengan baik dan berhasil membuat cireng kukus yang enak dan lezat. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan selera dan kreativitas kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu bisa mencoba membuat cireng kukus sendiri di rumah. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di artikel kami yang lain.

Orang-orang sering bertanya tentang cara membuat cireng kukus yang enak dan lezat. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan:

  1. Bagaimana cara membuat adonan cireng yang tepat?

    Jawaban: Untuk membuat adonan cireng yang tepat, kamu perlu mencampurkan tepung terigu, air panas, bawang putih cincang, garam, dan penyedap rasa dalam wadah. Aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis. Diamkan selama 30 menit sebelum digiling.

  2. Apakah cireng kukus bisa dimakan bersama saus?

    Jawaban: Tentu saja! Cireng kukus sangat cocok disantap bersama saus sambal atau kecap manis. Kamu juga bisa menambahkan topping seperti bawang goreng atau wijen untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengukus cireng?

    Jawaban: Biasanya, cireng kukus membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk matang sempurna. Namun, waktu ini dapat berbeda tergantung pada ukuran dan ketebalan cireng yang kamu buat.

  4. Apakah ada alternatif pengganti tepung terigu?

    Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan tepung tapioka atau tepung ketan sebagai pengganti tepung terigu. Namun, perlu diingat bahwa tekstur dan rasa cireng akan berbeda jika menggunakan tepung ini.

  5. Berapa lama cireng kukus bisa disimpan?

    Jawaban: Cireng kukus dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk menghangatkan terlebih dahulu sebelum disajikan kembali.

Semoga jawaban di atas dapat membantu kamu dalam membuat cireng kukus yang enak dan lezat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *