Scroll untuk baca artikel
Hewan

Umur Minimal Hewan Kurban Kambing untuk Idul Adha

×

Umur Minimal Hewan Kurban Kambing untuk Idul Adha

Sebarkan artikel ini
Umur Minimal Hewan Kurban Kambing untuk Idul Adha

Hai teman! Saat menjelang Idul Adha, pasti banyak yang sibuk mencari hewan kurban yang sesuai syariat. Salah satu syarat penting adalah umur hewan tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas secara khusus tentang umur minimal kambing yang bisa dijadikan hewan kurban. Yuk, simak penjelasannya!

Kambing Jenis Domba

Untuk kambing jenis domba, syarat umur minimalnya adalah 1 tahun. Mengapa begitu? Karena biasanya pada usia 1 tahun, gigi permanen kambing domba sudah tumbuh sempurna. Nah, syarat ini didasarkan pada pertumbuhan gigi permanen hewan tersebut.

Tapi, ada pengecualian nih. Kalau memang sulit mendapatkan kambing domba yang berumur 1 tahun, diperbolehkan untuk menggunakan yang berumur minimal 6 bulan. Asalkan, gigi permanennya sudah tumbuh ya.

Contohnya, kamu bisa melihat gigi kambing domba ini:

Gigi Kambing Domba

Kambing Biasa/Kacang

Lalu, bagaimana dengan kambing biasa atau yang sering disebut kambing kacang? Untuk jenis ini, syarat umur minimalnya lebih tinggi, yaitu 2 tahun dan sudah memasuki tahun ke-3.

Kenapa begitu? Karena pertumbuhan gigi permanen kambing biasa/kacang lebih lambat dibandingkan dengan kambing domba. Jadi, dibutuhkan waktu yang lebih lama agar gigi permanennya tumbuh sempurna.

Sebagai gambaran, ini contoh gigi kambing biasa yang sudah tumbuh sempurna:

Gigi Kambing Biasa

Nah, dengan memperhatikan syarat umur minimal ini, kita bisa memastikan bahwa hewan kurban yang kita pilih sudah memenuhi kriteria sesuai syariat. Selain itu, kita juga bisa menghindari memilih hewan yang terlalu muda atau belum cukup umur.

“Memilih hewan kurban yang sesuai syariat adalah penting agar ibadah kita diterima dengan baik.” – Ustadz Ahmad, Pengajar Fikih

Kesimpulan

Jadi, intinya adalah:

  1. Kambing domba: Minimal 1 tahun, atau 6 bulan jika gigi permanennya sudah tumbuh.
  2. Kambing biasa/kacang: Minimal 2 tahun dan sudah memasuki tahun ke-3.

Syarat umur ini didasarkan pada pertumbuhan gigi permanen hewan tersebut. Dengan memenuhi syarat ini, kita bisa memastikan bahwa hewan kurban yang kita pilih sudah sesuai dengan ketentuan syariat.

Semoga penjelasan ini membantu ya! Jangan ragu untuk bertanya lagi jika ada yang kurang jelas. Selamat mempersiapkan ibadah Idul Adha!

Baca Juga!  Mengapa Peternakan Kerbau Jarang Digunakan untuk Penggemukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *