Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Mengenal Sistem Deterministik, Syarat Sistem, dan Dimensi Informasi

×

Mengenal Sistem Deterministik, Syarat Sistem, dan Dimensi Informasi

Sebarkan artikel ini
Mengenal Sistem Deterministik, Syarat Sistem, dan Dimensi Informasi

Halo teman-teman! Kalian pernah dengar tentang sistem deterministik, syarat-syarat sistem, dan dimensi informasi? Mungkin kedengarannya rumit, tapi sebenarnya konsep-konsep ini cukup mudah dipahami lho. Yuk, kita bahas bareng-bareng!

Apa itu Sistem Deterministik?

Sistem deterministik itu sistem yang operasinya bisa diprediksi dengan tepat. Jadi, interaksi antar bagian dalam sistem itu udah jelas banget. Kalau kita tau kondisi sistem di satu titik waktu dan gimana sistem itu jalan, kita bisa tentuin kondisi selanjutnya tanpa salah.

Contohnya gini, program komputer yang bener bakal ngerjain tugas sesuai perintah yang dikasih. Gak bakal melenceng deh! Itulah yang dimaksud sistem deterministik.

Syarat-Syarat Suatu Sistem

Nah, biar bisa disebut sistem, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi nih:

  1. Sistem harus punya tujuan yang jelas
  2. Elemen sistem harus punya rencana yang ditetapkan
  3. Harus ada hubungan antar elemen sistem
  4. Arus informasi, energi, dan material lebih penting daripada elemen sistem itu sendiri
  5. Tujuan organisasi lebih penting daripada tujuan elemen

Jadi intinya, sistem itu harus terorganisir dengan baik dan semua elemennya saling terkait untuk mencapai tujuan bersama.

Tiga Dimensi Informasi

Informasi itu punya tiga dimensi lho. Apa aja ya?

1. Dimensi Ekonomis (Economic Dimension)

Buat dapetin informasi yang berkualitas, pastinya butuh biaya kan? Nah, dimensi ekonomis ini ngebahas tentang analisis biaya manfaat dalam menghasilkan dan memperoleh informasi.

2. Dimensi Bisnis (Business Dimension)

Informasi itu penting banget buat pengambilan keputusan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tapi kebutuhan informasinya beda-beda tergantung level manajernya.

Baca Juga!  3 Macam Media Komunikasi: Contoh, Kelebihan dan Kekurangan di Era Digital

3. Dimensi Teknikal (Technical Dimension)

Ini ngomongin aspek teknis dari database, kayak kapasitas, waktu respons, keamanan, validitas, dan keterkaitan antar data. Nah, ini jadi cakupan perancangan sistem informasi.

DimensiPenjelasan
EkonomisAnalisis biaya manfaat dalam menghasilkan dan memperoleh informasi berkualitas
BisnisInformasi untuk pengambilan keputusan jangka pendek dan panjang
TeknikalAspek teknis database seperti kapasitas, waktu respons, keamanan, dll

Jadi gitu deh teman-teman, tiga dimensi informasi yang perlu kita pahami. Semua saling terkait dan penting dalam merancang sistem informasi yang efektif.

Menurut Eva Andayani dalam bukunya “Sistem Informasi Manajemen”:

“Dalam menghasilkan dan memperoleh informasi membutuhkan biaya. Perlu analisis biaya manfaat dalam memperoleh informasi yang berkualitas.”

Kutipan ini menekankan pentingnya mempertimbangkan aspek ekonomis dalam mengelola informasi.

Kesimpulan

Nah, sekarang kalian udah paham kan tentang sistem deterministik, syarat-syarat sistem, dan tiga dimensi informasi? Intinya, sistem itu harus terorganisir dengan baik dan semua elemennya saling terkait untuk mencapai tujuan. Informasi juga punya tiga dimensi: ekonomis, bisnis, dan teknikal yang perlu dipertimbangkan dalam merancang sistem informasi.

Semoga penjelasan ini bermanfaat buat kalian ya! Kalau masih ada yang bingung, jangan ragu buat tanya-tanya. Kita sama-sama belajar dan berbagi pengetahuan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *