Scroll untuk baca artikel
Tanaman

Penyulaman: Menanam Kembali Tanaman yang Mati atau Rusak

×

Penyulaman: Menanam Kembali Tanaman yang Mati atau Rusak

Sebarkan artikel ini
Penyulaman

Hai teman-teman! Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang istilah “penyulaman” yang merujuk pada kegiatan menanam kembali tanaman yang mati atau rusak. Yuk, kita kupas tuntas topik ini dengan gaya penulisan informal seperti mengobrol dengan teman.

Apa itu Penyulaman?

Penyulaman adalah kegiatan penanaman kembali bagian-bagian yang kosong bekas tanaman yang mati, rusak, atau diduga tidak akan tumbuh normal. Tujuannya agar jumlah tanaman dalam satu area tetap terpenuhi sesuai jarak tanam yang diinginkan.

Nah, penyulaman ini penting dilakukan agar pertumbuhan tanaman tetap merata dan optimal. Bayangkan saja, kalau ada beberapa bagian yang kosong karena tanaman mati, kan pertumbuhan tanaman lain jadi terganggu.

Kapan Penyulaman Dilakukan?

Penyulaman biasanya dilakukan setelah tanaman berumur 2-3 minggu. Pada usia ini, kita bisa melihat tanaman mana yang tumbuh normal dan mana yang tidak. Tanaman yang tidak tumbuh normal, rusak, atau mati inilah yang perlu disulam.

Contohnya, kalau kita menanam cabai, biasanya penyulaman dilakukan setelah tanaman cabai berumur 2-3 minggu. Tanaman cabai yang layu, kerdil, atau mati diganti dengan bibit cabai yang sehat.

Bagaimana Cara Melakukan Penyulaman?

Cara melakukan penyulaman cukup mudah:

  1. Siapkan bibit tanaman pengganti. Pastikan bibit yang akan digunakan sehat dan tumbuh dengan baik.
  2. Cabut tanaman yang mati atau rusak beserta tanahnya. Jangan sampai menyisakan akar tanaman lama di lubang tanam.
  3. Buat lubang tanam baru di tempat tanaman yang dicabut tadi.
  4. Tanam bibit pengganti di lubang tanam yang baru dibuat.
  5. Siram bibit pengganti agar cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Baca Juga!  Manfaat Kangkung: Tumbuhan Sayuran Darurat yang Kaya Nutrisi

Nah, dengan begitu, barisan tanaman kita jadi terisi kembali dan pertumbuhannya bisa optimal. Ingat ya, penyulaman ini penting agar hasil panen kita maksimal!

Penutup

Demikian pembahasan kita tentang “penyulaman” yang merupakan istilah untuk menanam kembali tanaman yang mati atau rusak. Semoga dengan penjelasan ini, kita jadi lebih paham tentang pentingnya penyulaman dalam bercocok tanam.

Jangan lupa juga untuk selalu merawat tanaman dengan baik, ya! Siram teratur, pupuk cukup, dan awasi pertumbuhannya. Dengan begitu, insyaallah panen kita akan melimpah! Selamat mencoba, teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *