Scroll untuk baca artikel
Tanaman

4 Langkah Cara Menanam Kemangi Di Polybag

×

4 Langkah Cara Menanam Kemangi Di Polybag

Sebarkan artikel ini
Menanam Kemangi
Menanam Kemangi - Photo by Markus Spiske

Kemangi adalah ramuan lezat dan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai masakan. Ini juga relatif mudah untuk tumbuh, bahkan bagi mereka yang memiliki ruang terbatas. Polybag adalah pilihan yang bagus untuk menanam kemangi, karena bentuknya yang kompak dan dapat ditempatkan hampir di mana saja. Berikut beberapa tips cara menanam dan merawat tanaman kemangi di polybag.

Pendahuluan: mengapa menanam kemangi dalam polibag?

Basil adalah ramuan tahunan lembut yang sangat cocok untuk tumbuh dalam wadah. Ketika ditanam di polibag, tanaman kemangi cenderung tidak tergenang air dan lebih mudah dipindahkan daripada ditanam di tanah.

Basil lebih menyukai sinar matahari penuh tetapi akan mentolerir beberapa naungan. Tanah harus gembur dan dikeringkan dengan baik, dan diubah dengan kompos atau bahan organik lainnya sebelum ditanam. Basil adalah pengumpan berat dan akan mendapat manfaat dari pemupukan teratur selama musim tanam.

Untuk menanam kemangi dalam polybag, isi kantong dengan campuran pot dan buat lekukan kecil di tengah kantong. Keluarkan tanaman kemangi dengan hati-hati dari pot pembibitan dan kendurkan akarnya sebelum menanamnya di dalam kantong. Siram dengan baik dan letakkan tas di tempat yang cerah.

Persiapan Menanam Kemangi

Untuk menanam kemangi dalam polybag, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • Sebuah polibag
  • campuran pot
  • Sekop atau sekop kecil
  • Biji atau bibit kemangi
Baca Juga!  Sifat Kekerasan Batang Kayu

Langkah 1: Isi tas dengan campuran pot

Isi tas dengan campuran pot hingga sekitar dua pertiga penuh. Siram campuran dengan baik, sampai merata lembab tetapi tidak basah. Biarkan air mengalir keluar sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Basahi campuran dan tambahkan bibit

Untuk menanam kemangi dalam polybag, campurkan 1 bagian kompos, 1 bagian perlit dan 1 bagian vermikulit. Basahi campuran dan tambahkan bijinya. Tempatkan tas di tempat yang cerah dan siram secara teratur. Ketika tanaman cukup besar untuk ditangani, pindahkan ke pot individu.

Langkah 3: Tempatkan di tempat yang cerah dan siram secara teratur

Tempatkan polybag Anda di lokasi yang cerah – ambang jendela yang menghadap ke selatan atau barat sangat ideal. Sirami kemangi Anda secara teratur, pastikan tanahnya tetap lembab tetapi tidak basah. Periksa tanah setiap beberapa hari dengan memasukkan jari Anda satu atau dua inci ke dalam pot. Jika terasa kering, beri tanaman penyiraman secara menyeluruh. Kemangi suka disiram di pangkal tanaman, bukan dari atas, untuk menghindari membasahi daun dan mendorong penyakit jamur.

Langkah 4: Panen saat daunnya cukup besar untuk dimakan

Kemangi adalah ramuan lezat yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Sangat mudah untuk menanam kemangi di rumah, dan itu bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah sederhana. Salah satu langkah penting dalam menanam kemangi adalah memanen daunnya. Daunnya harus dipanen ketika sudah cukup besar untuk dimakan.

Untuk memanen daun kemangi, cukup potong tanaman dengan pisau tajam. Pastikan untuk memotong daun dekat dengan batang agar daun baru dapat terus tumbuh. Anda kemudian dapat menggunakan daun kemangi dalam hidangan apa pun yang Anda suka. Daun kemangi segar cocok untuk salad, pizza, atau saus pesto.

Baca Juga!  Anda Tidak Akan Percaya 7 Manfaat Kacang Untuk Ibu Hamil

Jika Anda memiliki terlalu banyak daun kemangi untuk digunakan segar, Anda juga dapat mengeringkannya untuk digunakan nanti. Untuk mengeringkan Daun Kemangi, Gantung terbalik di tempat yang sejuk dan gelap sampai garing.

Kesimpulan: selamat tumbuh kemangi!

Kemangi merupakan herba tahunan yang mudah tumbuh dalam polibag. Tanaman lebih menyukai sinar matahari penuh, tetapi dapat mentolerir beberapa naungan. Sirami tanaman saat tanah terasa kering saat disentuh. Pemupukan bulanan dengan pupuk berimbang. Panen daunnya sesuai kebutuhan untuk digunakan dalam memasak.

Untuk memastikan pasokan kemangi yang berkelanjutan, tabur benih setiap dua minggu dari musim semi hingga awal musim panas. Mulailah dengan benih segar atau beli tanaman dari pusat taman. Saat menanam kemangi dalam polibag, pastikan untuk memilih varietas yang cocok untuk penanaman wadah. Beberapa varietas yang bisa dicoba antara lain: ‘Genovese’, ‘Purple Ruffles’, dan ‘Lemon Basil’.

Dengan sedikit perawatan, Anda dapat menikmati kemangi segar sepanjang musim!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *