Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Rahasia Lulus Tes Rekrutmen BUMN 2024 – Panduan Lengkap Passing Grade

Avatar
×

Rahasia Lulus Tes Rekrutmen BUMN 2024 – Panduan Lengkap Passing Grade

Sebarkan artikel ini
Rahasia Lulus Tes Rekrutmen BUMN 2024

Hai sobat! Apa kabar? Kali ini gue mau ngasih bocoran penting buat kalian yang berniat melamar di BUMN tahun ini. Seperti yang udah gue bahas sebelumnya, proses rekrutmen BUMN itu lumayan ketat dan harus melewati beberapa tahapan tes. Nah, kali ini gue bakal membongkar rahasia passing grade atau nilai minimal yang harus dicapai di setiap tes agar bisa lanjut ke tahap berikutnya. Siap-siap aja ya, soalnya persaingannya bakal sengit!

Apa itu Passing Grade?

Sebelum masuk ke inti pembicaraan, gue jelasin dulu nih apa itu passing grade. Jadi, passing grade adalah nilai minimal yang harus kalian capai di setiap tahapan tes agar bisa dinyatakan lulus dan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kalau nilainya di bawah passing grade, ya sayonara deh sama peluang kerja di BUMN.

Nah, passing grade ini berbeda-beda tergantung jenis tes dan jenjang pendidikan yang diambil. Jadi, kalian harus bener-bener mempersiapkan diri dengan matang agar bisa memenuhi syarat passing grade di setiap tahapannya.

Passing Grade Tes Online Tahap 1

Oke, langsung aja ya kita bahas passing grade untuk Tes Online Tahap 1. Ini adalah tahapan awal yang harus dilalui semua pelamar, baik lulusan SMA/Sederajat maupun D3-S2.

Jenjang SMA/Sederajat

Untuk kalian yang melamar di jenjang SMA/Sederajat, ada satu tes yang harus dilalui di Tahap 1 ini, yaitu:

Baca Juga!  Teori Belajar Konstruktivisme: Membangun Pengetahuan Melalui Pengalaman
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Passing grade minimal 58

Tes ini mencakup kemampuan verbal, numerik, dan logika. Jadi, kalian harus benar-benar memperkuat kemampuan dasar ini agar bisa mencapai nilai minimal 58.

Jenjang D3-S2

Sedikit lebih rumit buat kalian yang melamar di jenjang D3-S2. Ada tiga tes yang harus dilalui di Tahap 1, masing-masing dengan passing grade sebagai berikut:

  • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Minimal 58 (bobot 40%)
  • Tes AKHLAK: Minimal 65 (bobot 50%)
  • Tes Wawasan Kebangsaan: Minimal 50 (bobot 10%)

Tes AKHLAK ini menguji kepribadian dan karakter kalian, sementara Tes Wawasan Kebangsaan mengukur pemahaman kalian tentang nilai-nilai kebangsaan Indonesia. Jadi, selain kemampuan akademik, kalian juga harus mempersiapkan diri secara mental dan memperkuat wawasan kebangsaan.

Passing Grade Tes Online Tahap 2

Kalau kalian berhasil melewati Tahap 1, selamat! Kalian akan melanjutkan ke Tes Online Tahap 2. Nah, di tahap ini, passing grade-nya sedikit berbeda lagi.

Jenjang SMA/Sederajat

Untuk jenjang SMA/Sederajat, ada tiga tes yang harus dilalui dengan passing grade sebagai berikut:

  • Tes AKHLAK: Minimal 65 (bobot 60%)
  • Tes Wawasan Kebangsaan: Minimal 50 (bobot 10%)
  • Learning Agility: Minimal 197 (bobot 30%)

Tes AKHLAK dan Wawasan Kebangsaan masih ada di tahap ini, tapi ada tes baru yaitu Learning Agility yang mengukur kemampuan belajar dan beradaptasi kalian.

Jenjang D3-S2

Untuk jenjang D3-S2, ada dua tes yang harus dilalui di Tahap 2 ini:

  • Tes Bahasa Inggris: Minimal setara 450 TOEFL ITP (bobot 80%)
  • Learning Agility: Minimal 197 (bobot 20%)

Tes Bahasa Inggris ini cukup ketat ya, dengan passing grade setara 450 TOEFL ITP. Jadi, kalian harus benar-benar menguasai Bahasa Inggris dengan baik.

Baca Juga!  Mengenal Tradisi Fenomenologi dalam Ilmu Komunikasi

Tips dan Trik Lulus Tes Rekrutmen BUMN

Nah, setelah tahu passing grade-nya, sekarang gue bakal kasih beberapa tips dan trik buat kalian agar bisa lulus tes rekrutmen BUMN ini.

1. Persiapkan Diri dengan Matang

Persiapan adalah kunci utama untuk lulus tes rekrutmen BUMN. Kalian harus memahami materi tes dengan baik, mengikuti bimbingan belajar jika perlu, dan berlatih mengerjakan soal-soal serupa.

2. Kelola Waktu dengan Baik

Hampir semua tes dalam rekrutmen BUMN ini memiliki batasan waktu. Jadi, kalian harus bisa mengatur waktu dengan baik agar bisa menyelesaikan semua soal tepat waktu.

3. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tes rekrutmen BUMN ini cukup melelahkan, baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, jaga kesehatan kalian dengan istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan makan makanan bergizi.

4. Percaya Diri dan Tetap Tenang

Rasa percaya diri dan ketenangan jiwa sangat penting saat menghadapi tes. Jangan sampai grogi atau panik, karena itu hanya akan mengganggu konsentrasi kalian.

5. Berdoa dan Berserah

Terakhir, jangan lupa untuk selalu berdoa dan berserah kepada Tuhan. Percayalah bahwa usaha kalian tidak akan sia-sia, dan tetap semangat meraih mimpi kalian bekerja di BUMN.

Kesimpulan

Nah, itu tadi rahasia passing grade tes rekrutmen BUMN 2024 yang harus kalian ketahui. Ingat, persiapkan diri dengan matang, kelola waktu dengan baik, jaga kesehatan, percaya diri, dan selalu berdoa. Dengan begitu, insya Allah kalian bisa melewati setiap tahapan tes dan diterima bekerja di BUMN impian kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua ya! Kalau ada pertanyaan lain, jangan sungkan untuk tanya gue lagi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *