Scroll untuk baca artikel
Kewarganegaraan

Pancasila sebagai Way of Life: Pedoman Hidup Bangsa Indonesia

×

Pancasila sebagai Way of Life: Pedoman Hidup Bangsa Indonesia

Sebarkan artikel ini
Pancasila sebagai Way of Life

Pendahuluan

Pancasila, sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia, memiliki fungsi yang sangat penting sebagai pandangan hidup atau way of life bagi seluruh rakyat Indonesia. Apa sebenarnya makna Pancasila sebagai way of life itu?

Pengertian Way of Life

Way of life diartikan sebagai pandangan hidup, cara hidup, atau pedoman hidup suatu bangsa yang mengatur pola pikir, sikap, dan perilaku sehari-hari warganya[1]. Dengan kata lain, Pancasila sebagai way of life mengandung arti bahwa seluruh aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.

Contoh Penerapan Pancasila Dalam Kehidupan

Fungsi Utama Pancasila sebagai Way of Life

Menurut Ronto dalam bukunya “Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara”, Pancasila sebagai way of life memiliki beberapa fungsi utama, yaitu[1]:

1. Pedoman Hidup Bermasyarakat

Pancasila menjadi pedoman dalam bersikap dan berperilaku sehari-hari dalam lingkup terkecil seperti keluarga hingga lingkup terbesar antarbangsa.

2. Perekat Persatuan Bangsa

Pancasila mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang beragam suku, agama, ras, dan golongan menjadi satu kesatuan.

3. Pegangan Hidup Warga Negara

Pancasila dijadikan pegangan hidup setiap warga negara Indonesia dalam menentukan pilihan dan mengambil keputusan.

4. Kritik Realitas Bangsa

Pancasila menjadi standar untuk menilai realitas kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini.

Baca Juga!  7 Hambatan dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia

5. Stabilitas Politik dan Sosial

Pancasila mendorong terciptanya stabilitas politik dan sosial melalui dialog dan konsensus.

Contoh Penerapan Pancasila sebagai Way of Life

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan nilai-nilai Pancasila yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari:

1. Saling Menghormati Antar Umat Beragama

Sesuai sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kita wajib saling menghormati umat beragama lain tanpa memandang perbedaan keyakinan. Contoh sikap yang mencerminkan nilai ini adalah dengan tidak memaksakan agama/kepercayaan kita kepada orang lain dan menghargai ritual keagamaan umat lain.

2. Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Menerapkan nilai gotong royong membersihkan lingkungan bersama warga sekitar merupakan perwujudan sila ke-2 Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Hal ini mencerminkan sikap adil terhadap lingkungan dan sesama.

3. Mengikuti Upacara Bendera di Sekolah

Ikut berpartisipasi dalam upacara bendera di sekolah setiap Senin pagi adalah wujud pengamalan sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Kita menjunjung tinggi lambang kedaulatan negara sebagai identitas bangsa.

4. Patuh pada Aturan dan Tidak Anarkis

Ketaatan pada aturan dan ketertiban mencerminkan nilai sila ke-4 Pancasila yaitu Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Contoh penerapannya dengan tidak melakukan demo anarkis yang merusak fasilitas umum.

5. Tidak Membeda-bedakan Temannya

Bersikap adil dan tidak membeda-bedakan teman satu dengan lainnya adalah perwujudan sila kelima Pancasila yaitu Keadilan Sosial. Kita wajib memberikan hak dan perlakuan yang sama pada setiap orang terlepas dari latar belakangnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai fungsi Pancasila sebagai way of life beserta contoh penerapannya. Kesimpulannya, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa berfungsi sebagai pedoman dan pegangan hidup sehari-hari bagi seluruh rakyat Indonesia. Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan perilaku sehari-hari penting untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rukun, damai, adil dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *