Scroll untuk baca artikel
Komunikasi

Kaitan Teori Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran

×

Kaitan Teori Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran

Sebarkan artikel ini
Kaitan Teori Komunikasi dan Komunikasi Pemasaran

Hei sobat, pernah nggak sih kepikiran gimana sih hubungannya teori komunikasi sama komunikasi pemasaran? Kok kayaknya dua hal yang beda jauh gitu ya. Nah, kali ini kita akan bahas tuntas tentang kaitan antara teori komunikasi dan komunikasi pemasaran. Siap-siap dapat pencerahan baru nih!

Teori Komunikasi sebagai Fondasi

Jadi gini, komunikasi pemasaran itu sebenernya penerapan dari teori-teori komunikasi lho, khususnya teori komunikasi persuasi. Kalau kita inget pelajaran komunikasi dulu, teori persuasi itu kan tentang gimana cara mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain tuh. Nah, di komunikasi pemasaran, teori ini dipake buat ngebujuk konsumen supaya tertarik sama produk atau jasa yang ditawarin.

Selain itu, konsep dasar komunikasi kayak pertukaran informasi juga jadi intinya pemasaran. Soalnya kan penjual sama pembeli perlu saling berbagi info supaya transaksi lancar. Nggak kebayang deh kalau jual-beli tapi nggak ada komunikasi, pasti ribet banget.

Model Komunikasi dalam Pemasaran

Kalian pasti pernah denger model AIDA kan? Attention, Interest, Desire, Action. Nah, model komunikasi yang satu ini sering banget dipake dalam merancang pesan komunikasi pemasaran lho. Jadi para pemasar tuh harus mikirin gimana caranya supaya:

  1. Menarik perhatian (Attention) konsumen dulu
  2. Bikin mereka tertarik (Interest) sama produknya
  3. Menumbuhkan keinginan (Desire) untuk beli
  4. Akhirnya mendorong tindakan (Action) pembelian

Keren kan gimana model komunikasi diterapin di pemasaran? Jadi nggak cuma teori doang, tapi beneran dipraktekkin.

Saluran Komunikasi Pemasaran

Nah, sekarang kita bahas soal saluran komunikasi nih. Di komunikasi pemasaran, ada banyak banget saluran yang dipake buat nyampein pesan ke target konsumen. Mulai dari iklan, promosi penjualan, acara, hubungan masyarakat, sampe pemasaran langsung.

Baca Juga!  Kekuatan Kata Dalam Komunikasi Verbal: Dampak Kehidupan Sehari-hari

Ini semua sebenernya penerapan dari teori saluran komunikasi lho. Jadi pemasar harus pinter-pinter milih saluran yang tepat buat produknya. Misalnya nih:

SaluranContoh Penerapan
IklanPasang billboard, iklan TV/radio
Promosi PenjualanKasih diskon, bagi-bagi sampel produk
AcaraGelar konser, pameran
Hubungan MasyarakatBikin press release, sponsorship
Pemasaran LangsungKirim katalog, telemarketing

Seru banget kan ngeliat gimana teori komunikasi dipake di dunia pemasaran? Jadi nggak melulu soal ngomong doang, tapi ada strategi dan taktik di baliknya.

Contoh Nyata Penerapan Teori Komunikasi

Biar makin gampang ngerti, yuk kita lihat contoh nyata penerapan teori komunikasi dalam komunikasi pemasaran.

1. Kampanye “Share a Coke” dari Coca-Cola

Share a Coke Campaign

Ini nih kampanye yang fenomenal banget. Coca-Cola bikin botol minuman dengan nama-nama orang, jadi kayak dipersonalisasi gitu. Teori komunikasi persuasi dipake dengan cara bikin orang ngerasa spesial dan terhubung secara personal sama merek Coca-Cola. Hasilnya, penjualan Coca-Cola naik drastis dan kampanye ini jadi viral.

2. Iklan “Get a Mac” dari Apple

Get a Mac Ad

Apple jago banget bikin iklan yang memorable. Salah satunya ya serie iklan “Get a Mac” yang ngebandingin komputer Mac sama PC. Di sini Apple pake teori komunikasi persuasi dengan cara bikin citra Mac sebagai komputer yang keren, gampang dipake, dan bikin hidup lebih gampang. Sedangkan PC digambarin sebagai komputer yang ribet dan nggak asyik. Hasilnya, penjualan Mac meningkat tajam dan makin banyak orang yang switch dari PC ke Mac.

Kesimpulan

Gimana nih sobat, sekarang udah paham belum gimana teori komunikasi dan komunikasi pemasaran itu berkaitan? Intinya, teori komunikasi itu jadi landasan buat strategi dan taktik komunikasi pemasaran. Mulai dari tujuan persuasi, konsep pertukaran informasi, model komunikasi, sampe pemilihan saluran komunikasi, semuanya pake prinsip-prinsip dari teori komunikasi.

Baca Juga!  7 Langkah Menyusun Perencanaan Strategis yang Efektif: Panduan Lengkap untuk Organisasi Modern

Jadi next time kalau lihat iklan atau promosi produk, coba deh perhatiin gimana teori komunikasi diterapin di situ. Pasti makin seru dan insightful deh ngeliatnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat nambah wawasan kita semua tentang dunia komunikasi dan pemasaran. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain juga. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *