Peran dan Tugas Manajemen Tingkat Bawah (Low Level Management)

Lili Zulaika

Manajemen Tingkat Bawah
Manajemen Tingkat Bawah - Photo by Francesco Luca Labianca

Di banyak organisasi, peran dan tanggung jawab manajemen tingkat bawah sangat penting untuk keberhasilan penyelesaian proses produksi. Manajer ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produksi atau layanan memenuhi standar kualitas dan diselesaikan tepat waktu. Mereka mungkin juga bertanggung jawab untuk mengawasi dan memotivasi karyawan, serta memelihara peralatan dan persediaan. Peran dan tanggung jawab manajemen tingkat bawah dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis organisasi, tetapi mereka penting untuk keberhasilan bisnis apa pun.

Apa itu manajemen tingkat bawah?

Pemegang saham perusahaan memilih dewan direksi untuk bertindak sebagai badan pembuat keputusan akhir untuk perusahaan. Dewan menunjuk seorang chief executive officer (CEO) untuk menjalankan operasi sehari-hari perusahaan. CEO pada gilirannya mempekerjakan eksekutif lain untuk membantu melaksanakan tugas-tugas tertentu, dan eksekutif ini melapor langsung kepada CEO. Manajemen tingkat bawah bertanggung jawab untuk melaksanakan perintah para eksekutif ini.

Tugas manajemen tingkat bawah bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis organisasi. Dalam bisnis kecil, manajer tingkat rendah mungkin bertanggung jawab atas semua aspek bisnis, mulai dari mempekerjakan dan memecat karyawan hingga melacak tingkat inventaris. Dalam organisasi yang lebih besar, manajer tingkat rendah mungkin memiliki peran yang lebih khusus, seperti mengepalai departemen tertentu atau mengawasi tim karyawan tertentu.

Tugas manajer tingkat bawah

Manajemen tingkat rendah bertanggung jawab atas implementasi rencana jangka panjang yang dibuat oleh manajemen puncak. Mereka juga harus memantau kinerja bawahan mereka dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan.

Selain itu, manajer tingkat rendah bertanggung jawab untuk menjaga komunikasi yang baik antara berbagai tingkat manajemen. Mereka perlu memastikan bahwa informasi mengalir dengan lancar antara manajemen puncak dan manajemen menengah.

Baca Juga!
Perubahan Era Produksi, Era Penjualan, Era konsep Pemasaran, dan Era Relasi Pelanggan

Keterampilan yang dibutuhkan untuk manajer tingkat rendah

Peran dan tugas manajer tingkat bawah banyak dan beragam. Mereka mungkin termasuk sumber daya manusia, pengelolaan anggaran, dan pengawasan karyawan tingkat yang lebih rendah. Agar berhasil dalam posisi ini, seorang manajer tingkat rendah harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat. Mereka juga harus mampu memotivasi dan menginspirasi timnya untuk mencapai kesuksesan.

Pentingnya manajer tingkat rendah

Dalam organisasi mana pun, manajer lini pertama dianggap sebagai tulang punggung. Mereka memainkan peran penting dalam mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Manajer lini pertama juga dikenal sebagai manajer tingkat rendah. Peran dan tugas para manajer ini adalah untuk mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan karyawan yang bekerja di bawah mereka.

Para manajer ini juga harus memotivasi bawahan mereka dan memberi mereka umpan balik tentang kinerja kerja mereka. Mereka juga perlu memastikan bahwa kualitas pekerjaan dipertahankan pada tingkat tinggi dan tenggat waktu terpenuhi. Selain itu, mereka juga harus menyelesaikan setiap konflik yang mungkin timbul di antara karyawan.

Pentingnya manajer tingkat rendah tidak dapat diremehkan karena mereka memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan kelancaran organisasi mana pun.

Kesimpulan

Peran manajemen tingkat bawah penting untuk keberhasilan bisnis apa pun. Manajemen tingkat rendah bertanggung jawab atas operasi sehari-hari perusahaan dan memastikan bahwa semua karyawan produktif. Sementara manajer tingkat rendah mungkin tidak memiliki wewenang untuk membuat keputusan jangka panjang, mereka memainkan peran penting dalam keberhasilan bisnis jangka pendek.

Tanpa manajer tingkat rendah, bisnis kemungkinan akan terhenti. Manajer tingkat rendah bertanggung jawab untuk menjaga karyawan tetap pada tugas dan memastikan bahwa tugas diselesaikan tepat waktu. Mereka juga berfungsi sebagai penghubung antara manajemen atas dan karyawan, mengkomunikasikan informasi antara kedua kelompok.

Baca Juga!
Mengapa Bisnis Harus Berfokus pada Etika

Sementara manajemen tingkat bawah mungkin bukan pekerjaan yang paling glamor, ini penting untuk keberhasilan bisnis apa pun. Tanpa manajer tingkat rendah, bisnis kemungkinan akan berjuang untuk berfungsi dengan baik.

Also Read

Bagikan:

Lili Zulaika

Lili Zulaikah adalah seorang penulis berwawasan luas yang lulusan sarjana komunikasi. Dia memiliki hobi nongkrong dan menyukai kopi. Lili mampu menghasilkan tulisan-tulisan yang informatif dan menginspirasi dengan gaya yang santai dan menghibur. Profilnya yang berwawasan luas dan gaul menjadikannya sebagai penulis yang dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar