Scroll untuk baca artikel
Rupa

Lepas Kacamata dengan Teknologi Canggih LASIK

Avatar
×

Lepas Kacamata dengan Teknologi Canggih LASIK

Sebarkan artikel ini
Lepas Kacamata dengan Teknologi Canggih LASIK

KMN EyeCare adalah jaringan klinik mata terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan perawatan mata, termasuk bedah LASIK (Laser Assisted In-Situ Keratomileusis) atau bedah penglihatan dengan laser. LASIK adalah prosedur bedah refraktif yang bertujuan untuk memperbaiki masalah penglihatan seperti rabun jauh (myopia), rabun dekat (hypermetropia), dan astigmatisma tanpa kacamata atau lensa kontak.

Apa Itu LASIK?

LASIK merupakan singkatan dari Laser Assisted In-Situ Keratomileusis. LASIK adalah prosedur bedah mata yang menggunakan laser excimer untuk mengubah bentuk kornea mata agar dapat memfokuskan cahaya dengan lebih tepat ke retina, sehingga penglihatan menjadi lebih jelas.

Dalam prosedur LASIK, dokter akan membuat sayatan tipis pada lapisan teratas kornea yang disebut flap. Kemudian, laser excimer akan digunakan untuk menguapkan jaringan kornea bagian dalam secara terkontrol. Ini akan membentuk kornea menjadi lebih datar atau lebih melengkung, tergantung pada jenis masalah penglihatan.

Setelah penghalusan kornea selesai, flap akan dikembalikan ke posisi semula dan akan menempel kembali dalam hitungan jam. Seluruh proses ini umumnya memakan waktu kurang dari 15 menit.

Manfaat LASIK

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama dari LASIK:

  • Mengurangi atau menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak. Banyak pasien melaporkan penglihatan 20/20 atau lebih baik setelah LASIK.
  • Memberikan penglihatan yang lebih baik secara permanen. Perbaikan penglihatan dari LASIK umumnya bertahan seumur hidup.
  • Meningkatkan kualitas hidup. LASIK dapat membantu aktivitas sehari-hari seperti membaca, menyetir, olahraga menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
  • Tidak ada perawatan atau perlengkapan tambahan yang diperlukan setelah prosedur. Tidak perlu membeli kacamata atau lensa kontak lagi.
  • Prosedur yang relatif cepat dan nyaman. LASIK dilakukan dengan menggunakan anestesi topikal sehingga tidak terasa sakit. Pemulihan pasca LASIK juga relatif cepat.
Baca Juga!  Gambar Dekoratif: Fungsi, Unsur, Jenis dan Cara Membuatnya

Siapa Saja yang Boleh Menjalani LASIK?

LASIK dapat dilakukan pada pasien dengan kondisi mata berikut:

  • Mata minus atau rabun jauh (myopia) dengan tingkat -1,00 hingga -10,00
  • Mata jauh atau rabun dekat (hypermetropia) dengan tingkat +1,00 hingga +5,00
  • Astigmatisma hingga -5,00 silinder
  • Sudah berusia di atas 18 tahun dengan resep kacamata yang stabil minimal 1 tahun terakhir
  • Memiliki ketebalan kornea yang cukup

Selain itu, calon pasien LASIK harus memiliki kesehatan mata yang baik, tidak memiliki penyakit mata kronis atau infeksi mata, serta tidak hamil atau menyusui.

Sebelum menjalani LASIK, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan mata menyeluruh untuk memastikan apakah pasien berkualifikasi untuk menjalani prosedur ini.

Berapa Biaya LASIK di KMN EyeCare?

Biaya LASIK di KMN EyeCare dimulai dari Rp 14.000.000 per mata. Ini sudah termasuk konsultasi awal, pemeriksaan mata pra-bedah, operasi LASIK dengan teknologi laser terkini, obat tetes mata pasca LASIK, serta kontrol rutin pasca operasi.

Dengan demikian, biaya LASIK di KMN EyeCare relatif terjangkau dan bersaing. Fasilitas serta teknologi laser kelas dunia juga disediakan demi memberikan hasil terbaik dan kepuasan pasien.

Bagaimana Proses LASIK di KMN EyeCare?

Berikut ini adalah rangkaian proses LASIK di KMN EyeCare:

1. Konsultasi dan Pemeriksaan Pra-LASIK

Konsultasi dan pemeriksaan mata secara menyeluruh akan dilakukan untuk menentukan apakah pasien memenuhi kriteria untuk menjalani LASIK. Beberapa tes yang akan dilakukan antara lain:

  • Pemeriksaan resep kacamata
  • Pengukuran tebal kornea
  • Topografi kornea
  • Scan cornea

Hasil pemeriksaan ini akan menentukan apakah LASIK dapat memberikan hasil yang optimal atau tidak. Jika memenuhi syarat, dokter akan memberikan penjelasan rinci tentang prosedur LASIK.

2. Operasi LASIK

Pada hari operasi, tetes mata anestesi akan diberikan sebelum prosedur LASIK dimulai. Langkah-langkah LASIK adalah:

Baca Juga!  10 Manfaat Jus Jambu Merah Minumlah untuk Kesehatan Anda
  1. Dokter akan membuat flap tipis di lapisan atas kornea menggunakan pisau mikrokeratom atau femtosecond laser. Flap ini akan dibuka untuk memberi akses ke lapisan kornea bagian dalam.
  2. Laser excimer kemudian digunakan untuk menguapkan jaringan kornea secara presisi. Laser ini bekerja dengan sangat akurat dan dapat mengkustomisasi penghalusan kornea sesuai kebutuhan masing-masing pasien.
  3. Setelah penghalusan selesai, flap kornea akan dikembalikan ke posisi semula dan dipastikan menempel dengan sempurna.

Seluruh proses LASIK ini hanya memakan waktu sekitar 5-10 menit saja. Pasien biasanya tidak merasakan sakit sama sekali.

3. Pemulihan Pasca LASIK

Setelah LASIK, mata akan mulai pulih dalam beberapa jam. Pasien dianjurkan untuk beristirahat dan tidur dengan cukup setelah prosedur.

Obat tetes mata antibiotik dan antiinflamasi juga akan diberikan untuk mencegah infeksi serta mengurangi rasa tidak nyaman. Tetes mata ini harus digunakan secara rutin selama 1 minggu pasca LASIK.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa pemulihan:

  • Hindari mengucek atau menekan area mata yang dioperasi
  • Jangan basahi mata langsung dengan air selama 1 minggu
  • Gunakan kacamata pelindung saat tidur selama 1 minggu
  • Hindari aktivitas yang berdebu

Hasil LASIK biasanya sudah terlihat signifikan dalam hitungan hari. Penglihatan akan terus meningkat dalam beberapa minggu.

Kontrol rutin pasca LASIK akan dilakukan oleh dokter untuk memantau perkembangan dan memastikan hasil operasi sesuai harapan.

Apa Saja Keunggulan LASIK di KMN EyeCare?

Berikut beberapa keunggulan LASIK di KMN EyeCare:

Teknologi Laser Terkini

KMN EyeCare menggunakan teknologi laser excimer terbaru dari USA, yaitu laser Amaris 1050S. Laser ini memiliki akurasi dan presisi yang sangat tinggi, sehingga mampu mengkustomisasi koreksi sesuai profil kornea pasien.

Baca Juga!  Kebebasan Bermedia dan Tanggung Jawab Sosial: Perspektif Sistem di Indonesia

Dengan teknologi laser tercanggih ini, KMN EyeCare mampu memberikan hasil LASIK terbaik dengan tingkat keberhasilan mencapai 99%.

Dokter Spesialis Berpengalaman

Tim dokter di KMN EyeCare merupakan dokter spesialis mata dan bedah refraktif bersertifikasi dan berpengalaman menangani ribuan kasus LASIK. Mereka telah mendapat pelatihan khusus di luar negeri.

Dengan keahlian dan pengalaman dokter spesialis KMN EyeCare, pasien akan mendapatkan pelayanan dan hasil LASIK terbaik.

Fasilitas Kelas Dunia

KMN EyeCare memiliki fasilitas klinik dan peralatan bedah refractive kelas dunia yang memenuhi standar internasional. Ruang operasi dilengkapi teknologi canggih termasuk mikroskop bedah dan laser excimer.

Fasilitas dan peralatan ini memastikan sterilitas dan keamanan tertinggi bagi pasien selama menjalani LASIK.

Layanan Pasca LASIK

KMN EyeCare memberikan layanan purna jual berupa kontrol rutin pasca LASIK secara berkala. Hal ini penting untuk memantau perkembangan mata dan memastikan tidak ada komplikasi pasca operasi.

Selain itu, pasien juga mendapat garansi hasil LASIK seumur hidup. Jika terjadi regresif dan penglihatan kembali menurun setelah beberapa tahun, maka enhancement LASIK dapat dilakukan kembali secara gratis.

Kesimpulan

Itulah informasi lengkap tentang LASIK di KMN EyeCare. Dengan teknologi laser terkini, dokter ahli bertaraf dunia, serta fasilitas kelas dunia, KMN EyeCare telah terbukti menjadi klinik mata terbaik untuk LASIK di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *