Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Cara Review Jurnal Internasional yang Benar dan Mudah Dipahami

Avatar
×

Cara Review Jurnal Internasional yang Benar dan Mudah Dipahami

Sebarkan artikel ini
Cara Review Jurnal Internasional

Halo teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang cara review jurnal internasional yang benar dan mudah dipahami. Bagi kamu yang sering mendapat tugas mereview jurnal dari dosen, pasti tahu betapa ribet dan sulitnya mengerjakan tugas ini kan? Jangan khawatir, di artikel ini aku akan berbagi tips dan trik dalam mereview jurnal internasional dengan baik dan benar, kok!

Review jurnal sebenarnya adalah kegiatan mengulas atau mengevaluasi sebuah artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional. Tujuannya adalah untuk menilai kualitas, kelengkapan, dan akurasi penelitian yang dilakukan. Selain itu, review jurnal juga bisa membantu pembaca memahami inti dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis jurnal.

Nah, langsung saja ya teman-teman, berikut ini adalah cara review jurnal internasional yang benar dan mudah dipahami:

Cara Review Jurnal Internasional

1. Baca Jurnal Secara Keseluruhan

Langkah pertama dalam mereview jurnal internasional adalah membaca jurnal tersebut secara keseluruhan dengan cermat. Pastikan kamu memahami tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan yang didapat oleh penulis jurnal. Catat poin-poin penting yang kamu temukan selama membaca.

2. Tulis Identitas Jurnal

Setelah membaca jurnal, langkah selanjutnya adalah menuliskan identitas jurnal yang akan kamu review. Identitas jurnal ini meliputi:

  • Judul artikel
  • Nama penulis
  • Nama jurnal
  • Volume dan nomor jurnal
  • Tahun publikasi
  • Halaman
Baca Juga!  Tips Mengembangkan Alat Ukur Sikap Siswa terhadap Guru

Dengan menuliskan identitas jurnal, pembaca review kamu akan langsung tahu jurnal apa yang sedang diulas.

3. Tulis Ringkasan Isi Jurnal

Setelah menuliskan identitas jurnal, langkah berikutnya adalah membuat ringkasan isi jurnal. Ringkasan ini berisi gambaran umum tentang isi jurnal, mulai dari latar belakang, tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil penelitian, dan kesimpulan. Pastikan ringkasan yang kamu buat padat, jelas, dan mencakup poin-poin penting dari jurnal.

4. Tulis Kelebihan dan Kekurangan Jurnal

Setelah membuat ringkasan isi jurnal, langkah selanjutnya adalah menuliskan kelebihan dan kekurangan dari jurnal yang kamu review. Kelebihan bisa berupa hal-hal yang menurut kamu bagus dan menarik dari jurnal tersebut, seperti metode penelitian yang digunakan, hasil penelitian yang inovatif, atau pembahasan yang mendalam. Sedangkan kekurangan bisa berupa hal-hal yang kurang, seperti kurangnya referensi terbaru, metode penelitian yang kurang tepat, atau pembahasan yang kurang detail.

5. Tulis Kesimpulan

Langkah terakhir dalam mereview jurnal internasional adalah membuat kesimpulan. Dalam kesimpulan, kamu bisa menuliskan poin-poin penting yang sudah kamu bahas sebelumnya, seperti ringkasan isi jurnal, kelebihan dan kekurangan jurnal, serta penilaian kamu terhadap jurnal tersebut secara keseluruhan. Kesimpulan yang baik adalah kesimpulan yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh Review Jurnal Internasional

Untuk lebih memahami cara review jurnal internasional, berikut ini adalah contoh review jurnal internasional yang baik dan benar:

Judul Jurnal:

The Effectiveness of Time Management Strategies Instruction on Students’ Academic Time Management and Academic Self-Efficacy

Penulis:

Kholoud Eid Ayoub

Nama Jurnal:

Journal of Education and Practice

Volume dan Nomor:

Vol.7, No.15, 2016

Halaman:

31-37

Ringkasan Isi Jurnal:

Jurnal ini membahas tentang efektivitas instruksi strategi manajemen waktu terhadap manajemen waktu akademik dan efikasi diri akademik siswa. Penelitian dilakukan pada siswa tahun pertama di Universitas Yarmouk, Yordania. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instruksi strategi manajemen waktu efektif dalam meningkatkan manajemen waktu akademik dan efikasi diri akademik siswa.

Baca Juga!  AASIC, Wadah Kreativitas Akademisi Asia

Kelebihan Jurnal:

  • Topik penelitian yang menarik dan relevan dengan dunia pendidikan
  • Metode penelitian yang digunakan sudah tepat, yaitu eksperimen dengan kelompok kontrol
  • Hasil penelitian yang diperoleh sudah jelas dan dapat dipertanggungjawabkan

Kekurangan Jurnal:

  • Jumlah sampel penelitian yang masih sedikit, hanya pada siswa tahun pertama di satu universitas saja
  • Pembahasan hasil penelitian yang kurang mendalam
  • Referensi yang digunakan masih sedikit dan kurang terbaru

Kesimpulan

Secara keseluruhan, jurnal ini sudah cukup baik dalam menjelaskan efektivitas instruksi strategi manajemen waktu terhadap manajemen waktu akademik dan efikasi diri akademik siswa. Namun, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti jumlah sampel penelitian yang lebih besar, pembahasan hasil penelitian yang lebih mendalam, dan referensi yang lebih banyak dan terbaru.

Nah, itulah cara review jurnal internasional yang benar dan mudah dipahami teman-teman. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu pasti bisa mereview jurnal internasional dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu membaca jurnal secara keseluruhan, menulis identitas jurnal, membuat ringkasan isi jurnal, menuliskan kelebihan dan kekurangan jurnal, serta membuat kesimpulan yang baik.

Semoga artikel ini bermanfaat ya teman-teman! Jika masih ada yang bingung atau ingin bertanya, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *