Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Panduan Lengkap Barang yang Harus Dibawa saat UTBK 2024

Avatar
×

Panduan Lengkap Barang yang Harus Dibawa saat UTBK 2024

Sebarkan artikel ini

Hai teman-teman! Tahun ini kamu akan menghadapi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang merupakan bagian dari SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) untuk masuk ke perguruan tinggi idamanmu. Nah, supaya kamu bisa mengikuti ujian dengan lancar dan tidak ada kendala, ada beberapa barang penting yang harus kamu bawa. Yuk, kita bahas satu per satu!

Barang Wajib Nomor 1: Kartu Peserta SNBT

Kartu peserta SNBT ini ibarat karcis masukmu ke ruang ujian. Tanpa kartu ini, kamu tidak akan diizinkan mengikuti UTBK. Kartu ini bisa kamu cetak sendiri dari laman SNBT setelah melakukan pendaftaran online.

Jangan lupa, kartu peserta ini harus kamu bawa dalam kondisi baik dan jelas terbaca. Kalau sampai kartu pesertamu rusak atau hilang, kamu harus segera menghubungi panitia untuk meminta penggantian.

Identitas Diri yang Sah

Selain kartu peserta, kamu juga wajib membawa kartu identitas diri yang sah seperti:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • SIM (Surat Izin Mengemudi)
  • Paspor
  • Kartu Pelajar

Ini diperlukan untuk memverifikasi identitasmu saat mengikuti ujian. Pastikan kartu identitas yang kamu bawa adalah yang asli dan masih berlaku. Jangan sampai kamu membawa KTP atau SIM yang sudah kadaluarsa ya!

Ijazah atau Surat Keterangan Lulus

Barang wajib lainnya adalah ijazah atau surat keterangan lulus, tergantung tahun kelulusanmu:

  • Kalau kamu lulus tahun 2024, kamu wajib membawa surat keterangan lulus asli.
  • Sedangkan bagi yang lulus tahun 2022 dan 2023, kamu harus membawa fotokopi ijazah SMA/SMK/MA yang sudah dilegalisir.
Baca Juga!  Peran Penting Proposal dalam Mencapai Dukungan Dana untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Dokumen ini penting sebagai bukti bahwa kamu memang lulusan jenjang pendidikan yang sesuai untuk mengikuti UTBK.

Perlengkapan Kesehatan

Di masa pandemi seperti sekarang, kamu juga harus memperhatikan protokol kesehatan saat mengikuti ujian. Oleh karena itu, bawalah:

  1. Masker
  2. Hand Sanitizer

Dengan membawa dua barang ini, kamu bisa menjaga kebersihan diri dan mencegah penularan virus selama berada di lokasi ujian.

BarangKeterangan
MaskerWajib dipakai selama ujian berlangsung
Hand SanitizerUntuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah ujian

“Kesehatan adalah hal yang paling utama. Dengan mematuhi protokol kesehatan, kita bisa mengikuti ujian dengan aman dan nyaman,” ujar Budi, peserta UTBK tahun lalu.

Penampilan Rapi dan Formal

Meski UTBK adalah ujian tulis berbasis komputer, kamu tetap harus berpenampilan rapi dan formal layaknya mengikuti ujian pada umumnya. Kenakan pakaian formal seperti kemeja dan celana panjang bahan, atau rok bagi peserta putri. Jangan lupa mengenakan sepatu formal juga ya!

Dengan berpenampilan rapi, kamu akan terlihat lebih percaya diri dan siap menghadapi ujian. Selain itu, penampilan rapi juga mencerminkan rasa hormat pada proses ujian yang sedang kamu ikuti.

Barang yang Dilarang Dibawa

Oke, setelah membahas barang-barang yang harus dibawa, sekarang kita akan membahas barang apa saja yang dilarang untuk dibawa ke ruang ujian UTBK. Daftar barang terlarang ini penting untuk diketahui agar kamu tidak terkena masalah saat mengikuti ujian nanti.

Barang-barang yang dilarang antara lain:

  1. Daftar logaritma
  2. Kalkulator
  3. Kertas/buku/catatan
  4. Alat komunikasi (HP, smartwatch, dll.)
  5. Jam tangan
  6. Kamera
  7. Modem
  8. Alat elektronik lainnya

Jadi intinya, kamu hanya boleh membawa barang-barang yang diperbolehkan saja. Jangan coba-coba membawa barang terlarang, karena risikonya kamu bisa didiskualifikasi dari ujian.

Pssst… ada cerita lucu nih! Tahun lalu, ada peserta yang nekat membawa kalkulator kecil untuk contekan. Tapi malah ketahuan dan akhirnya dikeluarkan dari ruang ujian. Jadi jangan coba-coba ya! [Kutipan dari pengawas ujian]

Kesimpulan

Nah, itu tadi barang-barang penting yang harus kamu bawa saat mengikuti UTBK 2024 nanti. Intinya, yang paling utama adalah kartu peserta, identitas diri, dan dokumen pendukung seperti ijazah atau surat keterangan lulus.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan protokol kesehatan dengan membawa masker dan hand sanitizer. Tampil rapi dan formal juga penting untuk menunjukkan rasa hormat pada proses ujian.

Terakhir, hindari membawa barang-barang terlarang agar kamu tidak terkena masalah saat ujian berlangsung. Dengan mempersiapkan barang-barang ini dengan baik, kamu bisa mengikuti UTBK dengan tenang dan fokus.

Semoga panduan ini bermanfaat untukmu ya! Kalau ada pertanyaan lain, jangan ragu untuk tanyakan padaku atau cek informasi resmi di laman SNBT. Selamat berjuang dan semoga sukses mengikuti UTBK 2024!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *