Scroll untuk baca artikel
Manajemen

5 Elemen Penting dalam Setiap Organisasi Menurut Harris dan Corson

×

5 Elemen Penting dalam Setiap Organisasi Menurut Harris dan Corson

Sebarkan artikel ini
5 Elemen Penting dalam Setiap Organisasi Menurut Harris dan Corson

Hei sobat, pernah nggak sih kepikiran apa aja sih yang bikin sebuah organisasi itu bisa jalan dengan baik? Nah, ada dua ahli nih, namanya Joseph P. Harris dan John J. Corson. Mereka tuh udah ngejabarkan ada 5 unsur penting yang harus ada di setiap organisasi, baik itu organisasi pemerintah maupun swasta. Yuk kita bahas satu-satu!

1. Objectives (Tujuan)

Ilustrasi Tujuan Organisasi
Gambar 1. Ilustrasi pentingnya tujuan dalam organisasi.

Jadi gini, setiap organisasi itu harus punya tujuan yang jelas. Ibarat kita mau jalan-jalan, masa nggak tau mau kemana sih destinasinya? Nah, tujuan ini gunanya buat ngasih petunjuk dan bikin gampang buat ngelaksanain kegiatan yang harus dilakuin. Kalau udah tau mau ngapain, kan enak tuh kerjaannya.

2. Specialization (Spesialisasi)

Nah, yang kedua nih spesialisasi. Maksudnya tuh, kerjaan dalam organisasi itu dibagi-bagi ke berbagai bidang gitu, sesuai kepentingannya. Jadi, tiap anggota ngerjain bidang yang sesuai sama skill atau keterampilannya masing-masing. Kayak di tim sepakbola gitu deh, ada yang jadi striker, gelandang, bek, kiper, dll.

3. Hierarchy (Tingkatan)

Ilustrasi Hierarki Organisasi
*Gambar 2. Contoh struktur hierarki dalam organisasi. *

Terus nih, dalam organisasi itu juga ada namanya hierarki atau tingkatan gitu. Jadi, ada tuh yang namanya atasan sama bawahan. Nah, ini tuh ngebedain wewenang atau hak masing-masing. Kalau kamu jadi bos, ya berhak dong ngatur-ngatur anak buahnya. Tapi kalau kamu jadi bawahan, ya harus nurut sama atasan. Gitu sih kurang lebihnya.

4. Coordination (Koordinasi)

Elemen keempat nih, namanya koordinasi. Jadi, kerjaan antar bidang atau jenis pekerjaan sama antar orang yang ngerjainnya itu harus diselaraskan gitu loh. Biar nggak tabrakan satu sama lain. Misalnya nih, di proyek pembangunan gitu, kan ada yang ngerjain fondasi, tembok, atap, dll tuh. Nah, semuanya harus dikoordinasiin biar hasilnya bagus dan selesai tepat waktu.

Baca Juga!  Empat Pilar Utama dalam Manajemen Kinerja Menurut Wibisono (2006)

5. Authority (Wewenang)

Nah, yang terakhir nih namanya authority atau wewenang gitu. Jadi, ada tuh hak yang sah dan resmi yang dimiliki seseorang buat bertindak, kayak merintah, menggerakkan, atau maksa orang lain buat ngerjain sesuatu. Misalnya, bos kamu tuh punya wewenang buat nyuruh kamu lembur. Ya mau nggak mau harus dijalanin dong, secara dia punya hak resmi gitu.

Kesimpulan

Nah, itu dia sobat, 5 unsur penting dalam organisasi menurut Harris dan Corson. Jadi, biar organisasi bisa jalan dengan baik, harus ada tujuan yang jelas, pembagian kerja sesuai spesialisasi, struktur hierarki, koordinasi antar bagian, dan wewenang yang jelas. Kalau semuanya udah ada, insyaallah organisasinya bisa sukses deh mencapai tujuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *