Scroll untuk baca artikel
Manajemen

Keterkaitan antara Attainable Set dan Efficient Set dalam Portofolio

×

Keterkaitan antara Attainable Set dan Efficient Set dalam Portofolio

Sebarkan artikel ini
Keterkaitan antara Attainable Set dan Efficient Set

Dalam dunia investasi, pengelolaan portofolio yang efektif adalah kunci untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Dua konsep penting dalam teori portofolio modern adalah attainable set dan efficient set. Artikel ini akan menjelaskan keterkaitan antara kedua konsep ini dan bagaimana mereka mempengaruhi pengambilan keputusan investasi.

Apa Itu Attainable Set?

Attainable set atau himpunan yang dapat dicapai adalah kumpulan semua kombinasi portofolio yang mungkin dari berbagai aset yang tersedia. Setiap titik dalam attainable set mewakili kombinasi tertentu dari aset-aset tersebut dengan tingkat risiko (diukur dengan standar deviasi) dan tingkat return ekspektasian yang berbeda-beda. Dalam grafik risiko-return, attainable set biasanya membentuk area yang berbentuk seperti hiperbola.

Karakteristik Attainable Set

  • Komprehensif: Mencakup semua kombinasi portofolio yang mungkin.
  • Variasi Risiko dan Return: Menyediakan berbagai tingkat risiko dan return ekspektasian.
  • Dasar untuk Optimalisasi: Menjadi dasar untuk mencari portofolio yang optimal.

Apa Itu Efficient Set?

Efficient set atau himpunan efisien, adalah subset dari attainable set yang terdiri dari portofolio-portofolio yang memberikan return ekspektasian tertinggi untuk tingkat risiko tertentu atau, sebaliknya, tingkat risiko terendah untuk tingkat return ekspektasian tertentu. Portofolio-portofolio ini berada di bagian atas dari attainable set dan membentuk garis yang dikenal sebagai “efficient frontier” atau “garis efisien”.

Karakteristik Efficient Set

  • Optimal: Hanya mencakup portofolio yang optimal dalam hal risiko dan return.
  • Efficient Frontier: Garis yang menghubungkan portofolio-portofolio efisien.
  • Diversifikasi: Biasanya lebih terdiversifikasi dibandingkan portofolio yang tidak efisien.
Baca Juga!  Pengelolaan Kos Produk Bersama dan Sampingan: Mengoptimalkan Keputusan Strategis

Keterkaitan antara Attainable Set dan Efficient Set

  1. Posisi dalam Grafik Risiko-Return:
    • Attainable set mencakup semua kombinasi portofolio yang mungkin, termasuk yang tidak efisien.
    • Efficient set hanya mencakup portofolio-portofolio yang berada di bagian atas dari attainable set, yaitu yang memberikan return terbaik untuk tingkat risiko tertentu atau risiko lebih rendah untuk tingkat return tertentu.
  2. Optimalisasi Portofolio:
    • Investor yang rasional akan memilih portofolio dari efficient set karena portofolio ini menawarkan kombinasi terbaik antara risiko dan return.
    • Portofolio yang berada di bawah efficient frontier dalam attainable set dianggap tidak efisien karena ada portofolio lain yang menawarkan return lebih tinggi untuk tingkat risiko yang sama atau risiko lebih rendah untuk tingkat return yang sama.
  3. Diversifikasi:
    • Diversifikasi adalah strategi utama untuk mencapai portofolio yang berada di efficient set. Dengan menggabungkan berbagai aset yang tidak berkorelasi sempurna, investor dapat mengurangi risiko tanpa mengorbankan return ekspektasian.
  4. Penggunaan dalam Praktik:
    • Dalam praktik, investor menggunakan berbagai alat dan teknik, seperti mean-variance optimization, untuk mengidentifikasi portofolio yang berada di efficient set. Ini melibatkan perhitungan return ekspektasian dan risiko (standar deviasi) dari berbagai kombinasi aset.

Contoh Praktis

Misalkan seorang investor memiliki dua aset dengan return ekspektasian dan risiko yang berbeda. Dengan menggabungkan kedua aset ini dalam berbagai proporsi, investor dapat membentuk berbagai portofolio yang membentuk attainable set. Dari portofolio-portofolio ini, hanya beberapa yang akan berada di efficient frontier, yaitu yang memberikan return terbaik untuk tingkat risiko tertentu.

Tabel: Contoh Portofolio

PortofolioReturn EkspektasianRisiko (Standar Deviasi)
A5%10%
B7%15%
C9%20%
D (Effisien)8%12%

Dalam tabel di atas, Portofolio D adalah bagian dari efficient set karena memberikan return yang lebih tinggi dengan risiko yang lebih rendah dibandingkan Portofolio B dan C.

Baca Juga!  Mengapa Investor Sangat Peduli dengan Hasil Finansial Perusahaan?

Kesimpulan

Attainable set mencakup semua kombinasi portofolio yang mungkin, sementara efficient set hanya mencakup portofolio yang optimal dalam hal risiko dan return. Investor yang rasional akan memilih portofolio dari efficient set untuk memaksimalkan return atau meminimalkan risiko sesuai dengan tujuan investasi mereka. Memahami keterkaitan antara attainable set dan efficient set membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik dan terinformasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *