Scroll untuk baca artikel
Hunian

Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Efektif

×

Cara Membersihkan Lantai Granit dengan Efektif

Sebarkan artikel ini
Cara Membersihkan Lantai Granit
A man uses a classic mop to clean a tile floor photographed March 06, 2015 by Katelin Kinney / for Angie's List

Cara Membersihkan Lantai granit adalah pilihan yang populer untuk rumah modern karena keindahan dan ketahanannya. Namun, untuk menjaga penampilannya tetap indah, Anda perlu merawatnya dengan benar. Salah satu aspek perawatan penting adalah membersihkan lantai granit secara rutin. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membersihkan lantai granit dengan efektif sehingga Anda dapat mempertahankan keindahan lantai Anda dalam jangka panjang.

Perawatan Rutin untuk Lantai Granit

Pertama-tama, penting untuk menjalani perawatan rutin lantai granit Anda. Membersihkan secara rutin akan mencegah debu dan kotoran menumpuk di permukaan lantai. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Mengepel Secara Rutin: Mengepel lantai granit minimal dua kali dalam seminggu menggunakan kain pel yang lembut. Ini akan membantu menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di lantai.
  2. Gunakan Air Hangat: Saat mengepel, gunakan air hangat bersih. Hindari penggunaan pel basah karena ini dapat meninggalkan goresan pada lantai granit, terutama jika ada debu halus yang tertinggal.
  3. Pilih Pembersih yang Tepat: Pilih pembersih yang sesuai untuk lantai granit. Anda dapat menggunakan pembersih netral atau campuran air dengan sabun cuci piring ringan.
  4. Hindari Bahan yang Abrasif: Hindari menggunakan bahan yang abrasif seperti sikat berbulu kasar atau bahan yang mengandung asam yang kuat, karena ini dapat merusak permukaan granit.

Cara Mengatasi Noda Membandel pada Granit

Terkadang, lantai granit Anda mungkin mengalami noda membandel. Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Baca Juga!  3 Jenis Kayu Meja Belajar Yang Bagus Untuk Anak
  1. Baking Soda: Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada noda dan biarkan selama beberapa menit sebelum membersihkannya dengan kain lembut. Pasta baking soda adalah pembersih alami yang efektif untuk mengatasi noda.
  2. Pembersih Khusus: Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus yang dirancang untuk menghilangkan noda pada lantai granit. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label.
  3. Pengelapan Lebih Intensif: Jika noda sangat membandel, Anda mungkin perlu melakukan pengelapan lebih intensif. Gunakan kain lembut atau spons yang lembut, dan gunakan gerakan melingkar dengan tekanan ringan.

Tips Merawat Lantai Granit yang Baru Dipasang

Jika Anda baru saja memasang lantai granit, perawatan awal sangat penting untuk memastikan lantai tetap indah. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat lantai granit yang baru dipasang:

  1. Membersihkan Setiap Hari: Usahakan untuk membersihkan lantai setiap hari dengan sapu lembut atau vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
  2. Segera Bersihkan Tumpahan: Jika ada tumpahan cairan atau bahan lain, segera bersihkan dengan kain lembut dan pembersih yang sesuai. Hindari biarkan tumpahan mengering karena ini dapat meninggalkan noda.
  3. Gunakan Pel Debu Kering: Saat melakukan pembersihan basah, pastikan untuk menggunakan pel debu kering untuk menghindari risiko goresan pada lantai granit yang baru.

Menangani Lantai Granit yang Kusam

Lantai granit yang terlihat kusam dapat menjadi masalah. Untuk mengembalikan kilapnya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pel dengan Air Hangat: Gunakan air hangat saat melakukan pemel, dan pastikan kain pel Anda lembut. Ini akan membantu mengangkat debu dan kotoran yang mungkin membuat lantai terlihat kusam.
  2. Gunakan Pembersih Granit: Anda dapat menggunakan pembersih granit yang dirancang khusus untuk mengembalikan kilapnya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang benar.
  3. Lap dengan Kain Halus: Setelah membersihkan, lap lantai granit dengan kain lembut atau mikrofiber untuk menghilangkan residu pembersih dan mengembalikan kilap.
Baca Juga!  Warna Cat Depan Rumah Yang Elegan

Tips Tambahan: Cara Membersihkan Lantai Granit

Selain langkah-langkah di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk merawat lantai granit Anda:

  • Hindari Menggunakan Bahan Abrasif: Jangan menggunakan sikat berbulu kasar atau bahan yang kasar yang dapat merusak permukaan granit.
  • Gunakan Keset: Tempatkan keset di pintu masuk untuk mengurangi masuknya debu dan kotoran ke dalam rumah.
  • Hindari Cairan Asam: Hindari penggunaan cairan asam atau bahan yang dapat merusak lantai granit.

Dengan perawatan yang tepat, lantai granit Anda akan tetap terlihat indah dan tahan lama. Ingatlah untuk selalu menjalani perawatan rutin dan mengatasi noda serta masalah segera setelah muncul. Dengan begitu, Anda dapat menikmati keindahan lantai granit Anda dalam jangka panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *