5 Merk Kain Jarik Yang Bagus dan Tips Memilih Berkualitas Tinggi

Akbar Fauziah

Merk Kain Jarik

Kain jarik merupakan salah satu busana tradisional Indonesia yang digunakan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Fungsinya yang multifungsi, bisa untuk gendongan bayi, baju tidur, sarung, dan lainnya, membuat kain jarik sangat populer hingga saat ini.

Namun, dengan banyaknya pilihan merk kain jarik di pasaran, terkadang kita bingung memilih mana yang berkualitas bagus. Nah, berikut ini beberapa tips memilih kain jarik berkualitas tinggi:

1. Pertimbangkan Bahan Katun yang Digunakan

Kain Jarik Katun

Bahan baku utama kain jarik adalah katun. Semakin halus serat katun yang digunakan, maka semakin lembut dan nyaman kain jarik tersebut dipakai. Beberapa jenis katun yang biasa digunakan antara lain:

  • Primissima
  • TC (Tissue Cotton)
  • CVS (Combed Cotton)
  • Supima
  • Organic cotton

Katun-katun tersebut memiliki serat lebih halus dan lembut dibanding jenis katun biasa. Jadi, pilihlah kain jarik dengan bahan katun berkualitas baik agar awet dan nyaman dipakai.

2. Perhatikan Kehalusan & Kelembutan Tekstur Kain

Selain bahan baku katun, kehalusan dan kelambutan tekstur kain juga menentukan kenyamanan saat digunakan. Kain jarik dengan tekstur halus dan lembut tentu jauh lebih nyaman dipakai untuk berbagai keperluan.

Beberapa merk jarik dengan tekstur lembut yang bisa Anda coba antara lain Batik Mahkota, HMZ, H. Santoso Cap A, dan Danar Hadi. Produk-produk tersebut menggunakan kain berkualitas tinggi sehingga terasa lebih halus di kulit.

Baca Juga!  10 Model Baju Yang Cocok Untuk Pergi Jalan Jalan yang Trendi dan Nyaman

3. Pilih Warna yang Tahan Lama

Kain Jarik Warna Cerah

Salah satu aspek penting lainnya dari kain jarik berkualitas adalah pilihan warnanya. Pastikan memilih kain jarik dengan pewarnaan yang tahan lama dan tidak mudah pudar meski sering dicuci.

Beberapa merek menggunakan pewarna alami dari ekstrak tumbuhan yang lebih awet warnanya. Sementara merek lain menggunakan pewarna sintetis modern yang juga tahan lama. Jadi perhatikan baik-baik label atau keterangan yang tercantum pada kemasan kain jarik.

4. Harga Sesuai Kualitas

Mungkin kita berpikir harga mahal identik dengan kualitas tinggi. Namun tidak selalu demikian. Ada beberapa merk kain jarik dengan harga terjangkau tapi kualitasnya sudah bagus, misalnya Seruling Bamboe dan Batik Keris.

Sebaliknya, ada pula merek premium dengan harga selangit tapi belum tentu kualitasnya lebih unggul. Jadi, pertimbangkan harga sesuai dengan kualitas dan manfaatnya agar tidak boros. Bandingkan beberapa produk sejenis sebelum memutuskan membeli.

Merk Kain Jarik Berkualitas Tinggi

Berikut ini beberapa merk kain jarik dengan kualitas terbaik berdasarkan ulasan dan rekomendasi para pengguna:

1. Batik Mahkota Ratu

jarik Batik Mahkota Ratu

Batik Mahkota Ratu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Motif dan warnanya cerah, bahannya halus berkat kandungan katun Primissima. Ukuran standarnya juga pas untuk gendongan bayi. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 35.000-an.

Kelebihan:

  • Motif warna-warni bagus
  • Bahan halus & lembut
  • Ukuran standar pas untuk gendongan
  • Harga terjangkau

2. Seruling Bamboe

Merk lokal ini menghadirkan aneka pilihan motif batik dan warna, mulai dari merah maroon, biru dongker, hijau daun, ungu, dan lainnya. Meski harganya murah, kisaran Rp 34.500 per lembar, Seruling Bamboe tetap mengutamakan kualitas produknya.

Baca Juga!  5 Inspirasi OOTD Nonton Konser Hijab Terbaru 2023 untuk Tampil Stylish dan Modis

Kelebihan:

  • Banyak pilihan motif & warna
  • Harga murah
  • Kualitas bagus

3. HMZ

jarik hmz

HMZ menggunakan bahan katun 100% sehingga terasa lebih halus dan dingin saat dikenakan. Ukuran kain jariknya juga lebih panjang, sekitar 210cm x 105cm, pas untuk menggendong bayi. Selain itu, kainnya cukup tebal dan awet meski sering dicuci.

Kelebihan:

  • 100% katun, halus & sejuk
  • Ukuran panjang, cocok buat gendongan
  • Kain tebal & tahan lama

4. H. Santoso Cap A

jarik H. Santoso Cap A

Produk kain jarik dari H. Santoso cap A sudah terbukti kualitasnya. Motif dan warnanya bagus, tidak cepat pudar meski dicuci berkali-kali. Kainnya sangat tebal dengan tenunan rapi. Plus dijamin tidak akan mengecil setelah dicuci.

Kelebihan:

  • Kualitas paling bagus
  • Motif & warna bagus, tidak luntur
  • Kain tebal dengan tenunan rapi
  • Tidak mengecil setelah dicuci

5. Batik Keris

Batik Keris adalah salah satu brand kain jarik ternama di Indonesia dengan penjualan tinggi setiap tahunnya. Tak heran jika kualitasnya sudah teruji. Motif batiknya sangat beragam, bahan katun dan pewarnaannya juga bagus.

Kelebihan:

  • Brand populer kain jarik Indonesia
  • Banyak pilihan motif
  • Bahan & kualitas terbaik

Itulah ulasan panjang lebar soal beberapa merk kain jarik dengan kualitas terbaik. Semoga bisa jadi referensi saat Anda hendak membeli kain jarik. Jangan lupa bandingkan harga dan kualitas sebelum memutuskan, ya!

Also Read

Bagikan:

Akbar Fauziah

Akbar Fauziah adalah seorang penulis lulusan sarjana komunikasi yang suka ngeblog dan menulis novel. Dia dikenal sebagai admin yang baik hati dan penulis kreatif. Akbar mampu menghasilkan tulisan-tulisan menarik dan berkualitas, serta memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pembaca secara positif. Profilnya sebagai penulis yang berhati baik dan kreatif menjadikannya sosok yang dihormati dalam dunia tulis-menulis.

Tags

Tinggalkan komentar