Scroll untuk baca artikel
Ekonomi

Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut AJ Meyers

×

Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut AJ Meyers

Sebarkan artikel ini
a row of water meters next to a brick wall

Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan alat atau benda tertentu untuk memenuhi kebutuhan kita. AJ Meyers membedakan kegunaan alat pemenuhan kebutuhan menjadi kegunaan bentuk, kegunaan tempat, kegunaan waktu, dan kegunaan milik. Pada kesempatan ini, kita akan membahas keempat jenis kegunaan alat pemenuhan kebutuhan menurut AJ Meyers.

1. Kegunaan Bentuk (Form Utility)

Kegunaan bentuk adalah suatu barang akan lebih berguna ketika diubah bentuknya menjadi barang yang lain. Contohnya, kayu yang berasal dari pohon diubah menjadi kursi dan meja, kulit sapi yang diubah menjadi sepatu, kulit buaya yang diubah menjadi tas, dan pasir yang digunakan sebagai bahan bangunan. Dengan mengubah bentuk suatu barang, maka barang tersebut akan lebih bermanfaat dan dapat digunakan.

2. Kegunaan Tempat (Place Utility)

Kegunaan tempat adalah suatu barang akan lebih berguna jika ditempatkan pada lokasi yang tepat. Contohnya, rumah yang terletak di tengah kota akan lebih berguna daripada rumah yang terletak di pedesaan. Begitu juga dengan toko yang terletak di pusat perbelanjaan akan lebih berguna daripada toko yang terletak di pinggir jalan.

3. Kegunaan Waktu (Time Utility)

Kegunaan waktu adalah suatu barang akan lebih berguna jika ditempatkan pada waktu yang tepat. Contohnya, barang-barang kebutuhan sekolah yang dijual pada bulan Juli dan Agustus akan lebih berguna daripada bulan-bulan lainnya karena pada bulan tersebut akan dimulai masa sekolah.

Baca Juga!  Perencanaan Portofolio: Kunci Investasi yang Sukses dan Menguntungkan

4. Kegunaan Milik (Ownership Utility)

Kegunaan milik adalah suatu barang akan lebih berguna jika dimiliki oleh orang yang tepat. Contohnya, sebuah mobil akan lebih berguna jika dimiliki oleh orang yang membutuhkan mobil tersebut, bukan oleh orang yang tidak membutuhkannya.

Dari keempat jenis kegunaan alat pemenuhan kebutuhan menurut AJ Meyers di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kegunaan suatu barang sangat tergantung pada bentuk, tempat, waktu, dan pemiliknya. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih barang yang kita butuhkan agar kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *