Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Verval PD: Pentingnya Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik

Avatar
×

Verval PD: Pentingnya Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik

Sebarkan artikel ini
verval pd

Halo teman-teman! Pernah dengar tentang Verval PD? Mungkin bagi sebagian dari kalian yang bekerja di bidang pendidikan, istilah ini sudah tidak asing lagi. Tapi buat yang belum tahu, jangan khawatir! Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang Verval PD, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menggunakannya. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Verval PD?

Verval PD adalah singkatan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik. Ini adalah layanan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memastikan keakuratan data peserta didik yang telah diinput dalam aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Layanan ini dilakukan secara real-time dan online, sehingga memudahkan operator sekolah untuk mengakses dan memperbarui data kapan saja dan di mana saja[1][4].

Mengapa Verval PD Penting?

Verval PD memiliki beberapa fungsi penting yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Mengajukan NISN: Bagi siswa yang belum memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Verval PD memungkinkan pengajuan NISN baru.
  2. Mencari dan Menyocokkan NISN: Bagi siswa yang datanya berbeda atau lupa NISN-nya, Verval PD membantu mencari dan mencocokkan data yang benar.
  3. Memperbaiki Data: Jika terdapat kesalahan dalam data individu siswa, Verval PD memungkinkan perbaikan data tersebut.
  4. Verifikasi Data Antara Dapodik dan Dukcapil: Verval PD juga berfungsi untuk memverifikasi data antara Dapodik dan Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil).

Cara Menggunakan Verval PD

Untuk menggunakan Verval PD, operator sekolah atau madrasah harus login ke aplikasi Verval PD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga!  Bagaimana Cara Negara Mencapai Tujuan Yaitu Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat
  1. Akses URL Verval PD: Buka browser dan masukkan URL Verval PD, misalnya https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.
  2. Login: Masukkan username dan password yang telah terdaftar.
  3. Pilih Menu: Setelah login, pilih menu yang sesuai dengan kebutuhan, seperti pengajuan NISN baru, perbaikan data, atau verifikasi data.
  4. Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan pada setiap menu untuk menyelesaikan proses verifikasi dan validasi data.

Tantangan dalam Verval PD

Meskipun Verval PD sangat bermanfaat, ada beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh operator sekolah atau madrasah, seperti:

  • Data Tidak Lengkap: Kadang-kadang data yang diinput di EMIS (Education Management Information System) madrasah tidak lengkap, sehingga tidak bisa masuk ke aplikasi Verval PD.
  • Kesalahan Penulisan Link: Kesalahan dalam menulis link URL Verval PD dapat menyebabkan gagal login atau tidak dapat mengakses website.
  • Data Ganda: Seringkali ditemukan data siswa yang ganda, yang memerlukan verifikasi lebih lanjut untuk memastikan keakuratan data.

Manfaat Verval PD

Dengan melakukan Verval PD, banyak manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Keakuratan Data: Memastikan data peserta didik yang akurat dan terverifikasi.
  2. Transparansi dan Akuntabilitas: Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sistem pendidikan.
  3. Optimalisasi Sumber Daya: Memungkinkan Kemendikbud untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya pendidikan, seperti anggaran, guru, dan fasilitas.

Kesimpulan

Verval PD adalah alat yang sangat penting dalam memastikan keakuratan data peserta didik di Indonesia. Dengan verifikasi dan validasi yang tepat, kita bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan haknya dengan baik. Jadi, bagi kalian yang bekerja di bidang pendidikan, pastikan untuk selalu melakukan Verval PD secara rutin dan tepat waktu!

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian memahami lebih dalam tentang Verval PD. Jangan lupa untuk selalu update data peserta didik kalian ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *