Scroll untuk baca artikel
Bisnis

20 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

×

20 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

Sebarkan artikel ini
Usaha Sampingan Tanpa Modal

Hai teman-teman! Pernah nggak sih kalian merasa gaji bulanan nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Atau mungkin kalian ingin menambah penghasilan tapi bingung mau mulai dari mana? Tenang, kamu nggak sendirian. Banyak orang di luar sana yang juga mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengeluarkan modal besar. Nah, kali ini aku mau berbagi tentang beberapa ide usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. Dropshipper

Dropshipping adalah salah satu usaha sampingan tanpa modal yang paling populer. Kamu hanya perlu mencari supplier yang menyediakan sistem dropship, lalu memasarkan produk mereka. Ketika ada yang membeli, supplier akan mengirimkan barang langsung ke pembeli atas nama kamu. Jadi, kamu nggak perlu stok barang sendiri.

2. Jasa Titip Beli

Jasa titip beli atau jastip adalah layanan di mana kamu membantu orang lain membeli barang yang mereka inginkan. Kamu bisa memulai dengan menawarkan jasa ini kepada teman-teman atau melalui media sosial. Keuntungan bisa didapat dari biaya jasa yang kamu tetapkan.

3. Jasa Titip Jual

Mirip dengan jasa titip beli, jasa titip jual adalah layanan di mana kamu membantu orang lain menjual barang mereka. Kamu bisa memanfaatkan platform online seperti marketplace atau media sosial untuk memasarkan barang-barang tersebut.

Baca Juga!  Peluang dan Tantangan dalam Berwirausaha di Indonesia

4. Menjual Aneka Dessert

Jika kamu suka memasak, menjual aneka dessert bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mulai dengan menerima pesanan dari teman-teman atau keluarga. Modal awal bisa didapat dari uang muka yang dibayarkan oleh pembeli.

5. Penonton Bayaran

Percaya atau tidak, ada pekerjaan sebagai penonton bayaran. Biasanya, pekerjaan ini dibutuhkan untuk acara-acara televisi atau event tertentu. Kamu hanya perlu hadir dan menjadi bagian dari audiens.

6. Bisnis Catering

Bisnis catering bisa dimulai tanpa modal besar. Kamu bisa meminta uang muka dari pelanggan untuk membeli bahan makanan. Setelah pesanan selesai, pelanggan akan membayar sisanya.

7. Jasa Tulis

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa menawarkan jasa tulis. Banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa penulisan artikel, konten website, atau bahkan skrip video.

8. Jasa Penerjemah

Bagi kamu yang menguasai lebih dari satu bahasa, jasa penerjemah bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada perusahaan atau individu yang membutuhkan terjemahan dokumen.

9. Jasa Desain

Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, kamu bisa menawarkan jasa desain. Banyak orang yang membutuhkan desain untuk logo, poster, atau konten media sosial.

10. Usaha Clothing

Kamu bisa memulai usaha clothing dengan modal minim. Caranya, buat beberapa desain baju, upload contoh produk ke media sosial atau marketplace, dan terima pesanan. Setelah itu, kamu bisa mencetak baju sesuai pesanan.

11. Jasa Endorse

Jika kamu memiliki banyak pengikut di media sosial, kamu bisa menawarkan jasa endorse. Banyak brand yang mencari influencer untuk mempromosikan produk mereka.

12. Freelance Model

Punya tubuh tinggi semampai dan wajah lumayan? Menjadi model freelance bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada fotografer atau brand yang membutuhkan model untuk produk mereka.

Baca Juga!  Tujuan Kebijakan Perdagangan Internasional yang Harus Diketahui bagi Para Pelaku Bisnis

13. Menjadi Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Kamu bisa menawarkan produk asuransi kepada teman-teman atau keluarga. Komisi yang didapat bisa cukup besar.

14. Membuka Toko Online

Membuka toko online bisa dilakukan tanpa modal besar. Kamu bisa mulai dengan menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai atau menjadi reseller produk tertentu.

15. Menjadi Content Creator

Jika kamu suka membuat konten, menjadi content creator bisa menjadi pilihan. Kamu bisa membuat video di YouTube atau TikTok, dan mendapatkan penghasilan dari iklan atau sponsor.

16. Mengajar Les Privat

Jika kamu memiliki kemampuan mengajar, kamu bisa menawarkan jasa les privat. Kamu bisa mengajar mata pelajaran sekolah atau keterampilan tertentu seperti musik atau bahasa asing.

17. Menjadi Freelancer

Freelancer adalah salah satu pekerjaan sampingan yang fleksibel. Kamu bisa menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki, seperti menulis, desain grafis, atau pengembangan website.

18. Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi adalah cara di mana kamu mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi kamu. Banyak platform e-commerce yang menawarkan program ini.

19. Mengisi Survei Berbayar

Mengisi survei berbayar bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak perusahaan yang membayar untuk mendapatkan opini dari konsumen.

20. Menjadi Social Media Evaluator

Social media evaluator adalah pekerjaan di mana kamu mengevaluasi konten di media sosial. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online dan biasanya dibayar per jam atau per proyek.

Kesimpulan

Itulah 20 ide usaha sampingan tanpa modal yang bisa kamu coba. Dari dropshipper hingga jasa titip beli, semua bisa dilakukan tanpa modal besar. Yang terpenting adalah niat dan kemauan untuk mencoba. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan membantu kamu menemukan usaha sampingan yang cocok. Selamat mencoba!

Baca Juga!  Kebijakan Proteksionisme Amerika Serikat: Manfaat dan Dampaknya pada Perdagangan Internasional

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara memonetisasi konten Anda di Facebook, Anda bisa membaca artikel “fb pro menghasilkan uang” di Read More.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu menemukan usaha sampingan yang cocok. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *