Scroll untuk baca artikel
Rupa

10 Urban Legend Indonesia yang Menyeramkan

Avatar
×

10 Urban Legend Indonesia yang Menyeramkan

Sebarkan artikel ini

Urban legend Indonesia – merupakan cerita rakyat modern yang tersebar melalui cerita dan pengalaman pribadi. Urban legend seringkali terkait dengan kisah-kisah mistis dan mengerikan yang menarik perhatian banyak orang. Di Indonesia, terdapat beberapa urban legend yang menyeramkan dan terkenal. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Kuntilanak

Kuntilanak adalah hantu perempuan berwujud wanita cantik dengan rambut panjang yang selalu terurai. Kuntilanak diyakini berkeliaran di sekitar tempat pemakaman atau bangunan yang ditinggalkan. Orang-orang sering mendengar suara tangisan atau tawa Kuntilanak di malam hari. Beberapa orang bahkan mengaku pernah melihat wujud Kuntilanak dengan mata kepala sendiri.

Pocong

Pocong adalah hantu yang dibalut kain kafan dan melompat-lompat di sekitar kuburan. Konon, Pocong adalah jiwa orang yang meninggal dan tidak sempat dikebumikan dengan benar. Hantu Pocong seringkali muncul di malam hari dan diyakini akan membawa malapetaka bagi orang yang melihatnya.

Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu perempuan berwujud wanita cantik dengan lubang di punggungnya. Konon, Sundel Bolong adalah sosok perempuan yang bunuh diri karena malu atas kehamilannya di luar nikah. Hantu Sundel Bolong diyakini berkeliaran di tempat-tempat terpencil dan sering muncul di malam hari.

Genderuwo

Genderuwo adalah makhluk halus berwujud manusia besar dengan bulu-bulu hitam yang menyeramkan. Genderuwo diyakini berkeliaran di sekitar hutan atau tempat-tempat terpencil. Konon, Genderuwo akan membawa malapetaka bagi orang yang merusak lingkungan hidup atau melanggar aturan adat.

Leak

Leak adalah makhluk halus berwujud wanita cantik di siang hari, namun berubah menjadi babi hutan di malam hari. Leak diyakini merupakan makhluk halus yang sering meminta persembahan dan tumbal dari manusia. Orang-orang Bali sering melakukan upacara untuk mengusir keberadaan Leak dari lingkungan mereka.

Baca Juga!  4 Jenis-Jenis Pengetahuan yang Perlu Kamu Ketahui

Jerangkong

Jerangkong adalah hantu berwujud manusia yang terbuat dari tulang. Jerangkong diyakini berkeliaran di sekitar kuburan atau bangunan yang ditinggalkan. Konon, Jerangkong akan mengejar orang-orang yang berani melintasi wilayahnya.

Tuyul

Tuyul adalah makhluk halus berwujud anak kecil yang kecil dan gemuk. Tuyul diyakini dapat menarik uang atau harta benda yang disembunyikan. Konon, orang-orang sering memberikan sesajen dan uang kecil kepada Tuyul agar tidak merugikan mereka.

Jenglot

Jenglot adalah makhluk halus berwujud mahluk kecil dengan rambut panjang dan gigi tajam. Jenglot diyakini berkeliaran di sekitar tempat-tempat terpencil dan kerap mengganggu manusia dengan cara mengisap darah. Orang-orang seringkali berusaha mengusir keberadaan Jenglot dengan cara membakar kemenyan atau melakukan upacara.

Nenek Gayung

Nenek Gayung adalah hantu perempuan berwujud wanita tua yang membawa gayung sebagai senjatanya. Konon, Nenek Gayung suka mengganggu manusia terutama anak-anak yang sering mandi sendirian di kamar mandi. Orang-orang seringkali berusaha mengusir keberadaan Nenek Gayung dengan cara menyanyikan lagu atau memercikkan air suci.

Kolor Ijo

Kolor Ijo adalah makhluk halus berwujud perempuan cantik yang berpakaian serba hijau. Konon, Kolor Ijo sering memperdaya manusia terutama laki-laki untuk dijadikan korban. Orang-orang seringkali berusaha mengusir keberadaan Kolor Ijo dengan cara memercikkan air suci atau mengadakan upacara.

Kesimpulan

Urban legend Indonesia yang menyeramkan banyak diceritakan oleh orang-orang di seluruh Indonesia. Meskipun tak terbukti kebenarannya, cerita-cerita ini tetap menarik perhatian banyak orang dan menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia. Jika Anda penasaran dengan urban legend Indonesia lainnya, jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut dan jangan sampai takut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *