Scroll untuk baca artikel
Rupa

Panduan Lengkap untuk Perjalanan Travel Jogja Jakarta yang Menyenangkan

Avatar
×

Panduan Lengkap untuk Perjalanan Travel Jogja Jakarta yang Menyenangkan

Sebarkan artikel ini
Travel Jogja Jakarta

Perjalanan dari Jogja ke Jakarta, atau sebaliknya, merupakan salah satu rute yang paling sering ditempuh oleh banyak orang. Baik untuk urusan bisnis, berlibur, maupun kunjungan keluarga, Jogja dan Jakarta selalu menjadi dua kota yang saling berhubungan erat. Jarak sekitar 540 km yang memisahkan kedua kota ini dapat ditempuh dengan beragam moda transportasi.

Salah satu pilihan transportasi paling populer dan banyak digunakan adalah menggunakan jasa travel atau bus antar kota. Berikut adalah panduan lengkap tentang travel Jogja Jakarta yang akan membantu perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

1. Memilih Agen Travel Jogja Jakarta Terbaik

Langkah pertama tentu saja adalah menemukan dan memilih agen travel Jogja Jakarta terbaik yang akan mengantar perjalanan Anda. Berikut beberapa tips penting dalam memilih agen travel:

Lakukan riset dan bandingkan beberapa opsi

Ada banyak pilihan agen travel untuk rute Jogja Jakarta. Lakukan riset dengan membandingkan beberapa opsi berdasarkan testimoni pelanggan, harga tiket, fasilitas dan layanan yang diberikan.

Pertimbangkan reputasi dan pengalaman

Pilih agen travel yang sudah berpengalaman bertahun-tahun mengantar rute Jogja Jakarta. Travel yang sudah lama beroperasi umumnya lebih terpercaya dan profesional.

Baca Juga!  5 Manfaat Potensial Kerja Sama Investasi Indonesia-Rusia

Perhatikan kondisi armada

Pastikan armada bus atau travel yang digunakan dalam kondisi baru, bersih, dan nyaman. Fasilitas AC dan kursi yang lapang sangat penting untuk perjalanan jauh.

Harga tiket yang kompetitif

Bandingkan harga tiket dari beberapa agen travel dan pilih yang paling kompetitif. Namun, jangan hanya fokus pada harga termurah, perhatikan juga fasilitas dan layanan yang diberikan.

Layanan penjemputan

Beberapa agen travel menyediakan layanan penjemputan dan mengantar ke alamat tujuan. Hal ini tentu akan sangat memudahkan perjalanan Anda.

2. Menentukan Tanggal dan Jadwal Keberangkatan

Setelah menemukan agen travel yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan tanggal dan jadwal keberangkatan yang diinginkan.

Jadwal pagi hari

Kebanyakan agen travel menyediakan jadwal keberangkatan di pagi hari, mulai pukul 07.00 – 10.00. Ini adalah jadwal paling ideal karena sepanjang siang hari perjalanan akan lancar dan Anda juga bisa tiba di tujuan sebelum malam.

Jadwal siang atau sore hari

Beberapa agen juga menyediakan jadwal keberangkatan siang atau sore hari, sekitar pukul 12.00 – 17.00. Ini cocok jika Anda ingin menyelesaikan urusan di kota asal terlebih dahulu sebelum berangkat.

Hindari jadwal malam hari

Disarankan untuk menghindari jadwal keberangkatan malam hari karena rawan kelelahan dan mengantuk di perjalanan. Apalagi untuk rute sejauh Jogja Jakarta yang memakan waktu sekitar 8-12 jam.

Sesuaikan dengan jadwal Anda

Pilih tanggal dan jadwal keberangkatan yang paling sesuai dengan rencana dan agenda Anda. Beri jarak 1-2 hari sebelum dan sesudah tanggal penting untuk mengantisipasi keterlambatan.

3. Melakukan Pemesanan Tiket

Setelah menentukan agen travel dan jadwalnya, langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan dan pembelian tiket. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

Pemesanan online

Banyak agen travel menyediakan layanan pemesanan dan pembayaran tiket secara online melalui website atau aplikasi mobile. Prosesnya mudah, cukup isi data diri dan pilih tanggal keberangkatan.

Baca Juga!  Apa itu AirPay Shopee? Semua yang Perlu Kamu Ketahui

Datang langsung ke counter

Anda juga bisa datang langsung ke counter agen travel untuk melakukan pemesanan dan pembayaran tiket. Umumnya lokasi counter berada di dekat terminal atau stasiun.

Transfer pembayaran

Beberapa agen travel menerima pembayaran melalui transfer bank. Anda cukup melakukan konfirmasi pemesanan lewat telepon, kemudian mentransfer pembayaran sesuai instruksi.

Tunai di tempat keberangkatan

Pilihan lainnya adalah membayar tiket secara tunai langsung di lokasi keberangkatan. Pastikan untuk datang 30-60 menit sebelum jadwal keberangkatan.

4. Persiapan Sebelum Keberangkatan

Setelah tiket sudah dipesan, ada baiknya melakukan persiapan untuk memastikan perjalanan berjalan lancar:

Kemasi barang seperlunya saja

Jangan bawa terlalu banyak barang berat karena akan memakan tempat di bagasi bus. Kemas hanya barang-barang penting yang dibutuhkan selama perjalanan.

Siapkan makanan ringan

Bawa bekal makanan ringan dan minuman untuk mengisi perut selama di perjalanan. Biasanya bus hanya berhenti 1-2 kali untuk istirahat dan makan siang.

Pakai pakaian nyaman

Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk perjalanan jauh. Usahakan juga memakai alas kaki tertutup agar kaki tidak cepat pegal.

Datang tepat waktu

Pastikan tiba di lokasi keberangkatan minimal 30 menit sebelum jadwal untuk menghindari ketinggalan bus.

Konfirmasi ulang jadwal

Lakukan konfirmasi ulang tanggal dan jadwal keberangkatan 1 hari sebelumnya untuk memastikan tidak ada perubahan mendadak.

5. Hal-hal Penting Selama Perjalanan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berada di dalam perjalanan bus atau travel guna kenyamanan bersama:

Jaga ketertiban dan ketenangan

Jangan ribut atau berisik yang dapat mengganggu penumpang lain. Usahakan selalu jaga sopan santun dan kerapian.

Patuhi aturan bus

Ikuti aturan dari petugas bus seperti dilarang merokok atau makan di dalam bus. Gunakan safety belt selama perjalanan.

Jaga kebersihan

Buang sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan fasilitas bus agar nyaman dipakai bersama.

Perhatikan barang bawaan

Jaga baik-baik barang bawaan. Hindari meninggalkan barang berharga di kursi atau bagasi bus.

Baca Juga!  Bumi atau Matahari? Mana yang Sesungguhnya Bergerak?

Siapkan obat perjalanan

Obat mabuk perjalanan atau minyak angin sangat membantu mengurangi mual dan mabuk selama di perjalanan.

6. Opsi Transportasi Lain dari Jogja ke Jakarta

Selain menggunakan travel dan bus antar kota, ada beberapa opsi transportasi lain yang bisa dipertimbangkan untuk perjalanan dari Jogja ke Jakarta:

Pesawat

Jika ingin lebih cepat sampai, pesawat menjadi pilihan transportasi paling ideal dari Jogja ke Jakarta. Hanya memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Kereta api

Kereta api juga bisa menjadi pilihan menarik dengan pemandangan indah sepanjang perjalanan. Durasi tempuh sekitar 8-10 jam.

Mobil sewaan

Sewa mobil dengan sopir memberikan fleksibilitas lebih besar dalam perjalanan. Bisa berhenti di mana saja sesuai keinginan.

Angkutan umum darat

Ada opsi bus patas dan travel darat lainnya yang menawarkan harga lebih murah dibandingkan travel eksekutif.

Carpooling

Bergabung dengan carpooling bersama teman atau orang lain bisa membagi biaya perjalanan menjadi lebih murah.

7. Beberapa Rekomendasi Agen Travel Jogja Jakarta

Berikut ini beberapa rekomendasi agen travel Jogja Jakarta yang layanannya sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh banyak orang:

  • Nabawi Transport . Sudah berpengalaman melayani rute ini sejak tahun 2012. Menyediakan armada Hiace dengan fasilitas lengkap.
  • Himmah Tour & Travel – Travel dengan pelayanan terbaik dan sopir yang ramah dan profesional.
  • FazaTrans Tour & Traveling – Memiliki beragam pilihan armada bus pariwisata berkualitas.
  • Altha Rent – Mengedepankan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.
  • Travel Amanah – Travel eksekutif dengan fasilitas lengkap dan sistem antar jemput.
  • Bosnya Travel – Menyediakan sistem door to door dari Jogja ke Jakarta.
  • Travelatos – Travel dengan sistem bayar di akhir perjalanan dan harga terjangkau.

8. Perkiraan Biaya Perjalanan Menggunakan Travel

Berikut perkiraan biaya yang dibutuhkan jika menggunakan jasa travel dari Jogja ke Jakarta:

  • Tiket travel eksekutif: Rp350.000 – Rp500.000
  • Tiket travel ekonomi: Rp150.000 – Rp300.000
  • Biaya makan di perjalanan: Rp50.000
  • Biaya tambahan lain: parkir, tol, dll sekitar Rp100.000

Jadi, perkiraan total biaya perjalanan pp menggunakan travel sekitar Rp700.000.

Kesimpulan

Perjalanan dari Jogja ke Jakarta, atau sebaliknya, selalu menjadi salah satu rute favorit yang ramai ditempuh. Dengan beragam pilihan transportasi yang tersedia, perjalanan antar kedua kota ini dapat berlangsung aman, nyaman, dan menyenangkan.

Penting bagi Anda untuk melakukan perencanaan dan persiapan matang sebelum memulai perjalanan. Pilihlah agen travel terpercaya, tentukan tanggal dan jadwal keberangkatan yang ideal, lakukan pemesanan tiket, dan persiapkan kebutuhan selama di perjalanan.

Selama di dalam bus atau kendaraan umum lainnya, selalu patuhi aturan dan jaga kenyamanan bersama. Hargai sopir serta kru kendaraan yang sudah bekerja keras mengantar Anda sampai tujuan dengan selamat.

Semoga informasi lengkap tentang travel Jogja Jakarta ini bisa membantu perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan. Selamat jalan-jalan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *