Scroll untuk baca artikel
Olah Raga

Tips Memegang Bet Seperti Memegang Tangkai Pena dalam Gaya Shakehand

×

Tips Memegang Bet Seperti Memegang Tangkai Pena dalam Gaya Shakehand

Sebarkan artikel ini

Tips Memegang Bet – Jika kamu adalah seorang pemain tenis meja, memegang bet dengan benar adalah salah satu keterampilan dasar yang harus kamu kuasai. Salah satu gaya memegang bet yang paling umum adalah shakehand – mirip dengan cara memegang pena. Namun, mungkin kamu masih belum terbiasa dengan cara memegang bet shakehand yang benar.

Untuk membantumu, berikut adalah beberapa tips tentang cara memegang bet seperti memegang tangkai pena dalam gaya shakehand.

1. Letakkan bet di antara jari telunjuk dan ibu jari

Letakkan bet pada permukaan telapak tangan, sedangkan gagang bet harus dipegang oleh jari telunjuk dan ibu jari. Pastikan agar gagang bet berada di samping ibu jari dan jari telunjuk, di bawah lengkung tangan.

2. Jangan terlalu kuat cengkeramanmu pada bet

Ingatlah bahwa memegang bet terlalu kuat dapat membuatmu cepat lelah dan sulit mengontrol bola. Jadi, pastikan kamu memegang bet dengan cengkeraman yang cukup longgar tetapi tetap terkendali.

3. Pastikan bet seimbang di tanganmu

Pastikan agar bet berada pada posisi yang seimbang di tanganmu – tidak terlalu depan atau mundur, tidak terlalu kanan atau kiri. Ini akan membantumu mengontrol bola dengan lebih baik.

Baca Juga!  Manfaat Tidak Langsung dari Berolahraga Secara Teratur

4. Gunakan kedua sisi bet secara efektif

Pastikan kamu dapat memanfaatkan kedua sisi bet dengan baik. Alihkan bola ke sisi bet lain agar sulit diprediksi oleh lawanmu.

5. Belajarlah mengganti peganganmu

Peganganmu mungkin perlu diubah sesuai dengan jenis pukulan yang ingin kamu lakukan: forehand atau backhand. Jadi, pastikan kamu belajar mengganti peganganmu dengan cepat dan efektif.

6. Berlatihlah dengan konsisten

Seperti dengan keterampilan apa pun, kamu perlu berlatih dengan konsisten agar dapat memperbaiki teknik dan kinerjamu.

7. Perhatikan gerakanmu secara keseluruhan

Ingatlah untuk memperhatikan gerakanmu secara keseluruhan saat memegang bet, seperti posisi tubuhmu dan gerakan lenganmu, karena ini juga memengaruhi kinerjamu dalam bermain tenis meja.

8. Jangan lupa bermain dengan santai

Jangan terlalu tegang saat bermain tenis meja, bermain dengan santai dapat membantumu lebih fokus dan meningkatkan performamu.

9. Coba bermain dengan pemain yang lebih baik dari kamu

Bermain dengan pemain yang lebih baik dari kamu dapat membantumu berlatih dan memperbaiki keterampilanmu.

10. Tanyakan saran dari pelatihmu

Pelatihmu dapat memberikan saran yang sangat berharga tentang cara memegang bet yang benar dan tips untuk meningkatkan kinerjamu dalam bermain tenis meja.

FAQ

Apa saja jenis pegangan bet?

Terdapat beberapa jenis pegangan bet yang umum digunakan dalam permainan tenis meja, seperti shakehand, penhold, dan penhold reverse.

Apa keuntungan dari menggunakan pegangan shakehand?

Pegangan shakehand memberikan keuntungan besar dalam meningkatkan kontrol bola dan mengembangkan variasi pukulan forehand dan backhand.

Kesimpulan

Memegang bet dengan benar sangat penting untuk permainan tenis meja yang sukses. Dalam gaya shakehand, penting untuk meletakkan bet di antara jari telunjuk dan ibu jari, memperhatikan seimbangnya bet di tanganmu, dan menggunakan kedua sisi bet secara efektif. Jangan lupa untuk meminta saran dari pelatihmu dan latihlah secara konsisten untuk meningkatkan keterampilanmu dalam bermain tenis meja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *