Scroll untuk baca artikel
Tanaman

4 Rekomendasi Tanaman Hias Teduh untuk Mempercantik Halaman Rumah di Puncak Musim Kemarau 2023

×

4 Rekomendasi Tanaman Hias Teduh untuk Mempercantik Halaman Rumah di Puncak Musim Kemarau 2023

Sebarkan artikel ini
Tanaman Hias Teduh

Tanaman Hias Teduh – Musim kemarau yang panjang dan terik seringkali membuat halaman rumah terlihat kering dan tidak nyaman dipandang. Untuk menghadapi puncak musim kemarau tahun 2023 yang diprediksi oleh BMKG terjadi di Bulan Juli hingga Agustus, kami memberikan rekomendasi empat tanaman hias teduh yang dapat mempercantik halaman rumahmu. Dengan memilih tanaman-tanaman ini, Anda dapat menciptakan kesan adem dan nyaman di sekitar rumah Anda.

1. Curtain Ivy

Curtain Ivy, atau yang dikenal juga sebagai tanaman gorden, merupakan salah satu tanaman hias teduh paling populer di Indonesia. Keunggulan Curtain Ivy tidak hanya terletak pada kemudahannya dalam perawatan, namun juga pada efek cantik dan teduh yang diberikannya pada rumah Anda.

Tanaman ini memiliki ciri khas yaitu tumbuh dengan cara merambat, sehingga memerlukan penopang seperti tiang atau pohon lain. Keindahan Curtain Ivy terletak pada dedaunan hijau yang lebat dan menyegarkan, serta mampu memberikan kesan adem di sekitar halaman Anda.

Namun, perlu diingat bahwa Curtain Ivy tidak tahan terhadap sinar matahari langsung. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai hiasan di rumah, sebaiknya pasanglah kanopi untuk melindunginya dari sinar matahari yang berlebihan.

2. Heloconia sp

Ternyata, pohon pisang juga dapat digunakan untuk mempercantik rumah Anda. Heloconia sp, yang merupakan salah satu jenis tanaman pisang-pisangan, memiliki keunikan tersendiri. Tanaman ini tidak seperti pohon pisang pada umumnya yang memiliki batang besar dan buah. Sebaliknya, Heloconia sp memiliki batang yang tumbuh di tanah dan memanjang, dengan satu daun tumbuh pada satu batangnya.

Baca Juga!  Kenali Arti Bunga Foxglove: Ciri-ciri dan Kegunaannya sebagai Obat dan Racun

Setiap tanaman Heloconia sp dapat tumbuh sekitar 5-10 batang daun dengan lebar daun mencapai 25 cm. Tanaman ini juga mampu menghasilkan kuncup bunga berwarna merah yang memberikan variasi warna di halaman rumah Anda. Dengan penempatan yang tepat, Heloconia sp dapat memberikan kesan rimbun tanpa membuat lingkungan terlihat gelap.

3. Sirih Marble

Tanaman Sirih Marble adalah pilihan yang sempurna untuk menghiasi halaman rumah Anda. Daun unik dari tanaman ini memberikan kesan cerah namun tetap teduh di halaman rumah. Anda dapat menggantung tanaman Sirih Marble di beberapa titik di halaman depan rumah atau memadupadankannya dengan pot hias yang cantik untuk memberikan variasi.

Selain itu, Anda dapat mengkreasikan berbagai model gantungan yang sesuai dengan preferensi Anda, sehingga lingkungan sekitar rumah terlihat semakin cantik. Tanaman ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang cerah dan nyaman di sekitar rumah Anda.

4. Palem Merah

Jika Anda ingin menanam pohon yang memberikan kesan unik namun tetap cantik, Palem Merah adalah pilihan yang tepat. Pohon Palem Merah dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 16 meter, tetapi pertumbuhannya dapat dibatasi agar sesuai dengan kondisi rumah Anda. Batang pohon yang berwarna merah memberikan sentuhan keindahan pada taman Anda.

Dengan daun hijau yang lebat dan menjulur, Palem Merah mampu menciptakan lingkungan yang teduh dan nyaman. Keempat rekomendasi tanaman hias teduh ini dapat dipadukan dengan berbagai jenis tanaman hias teduh favorit lainnya, seperti Bunga Rambosa, Bunga Melati, atau Janda Bolong. Penempatan tiap tanaman pun dapat disesuaikan dengan kondisi halaman rumah Anda agar tidak terkena panas ekstrim musim kemarau.

Tanaman Hias Teduh

Tidak hanya untuk mempercantik, tanaman hias teduh juga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah Anda, membuat penghuni rumah semakin nyaman saat menghadapi cuaca kering puncak musim kemarau tahun 2023. Dengan memilih salah satu atau beberapa dari rekomendasi di atas, Anda dapat menciptakan halaman rumah yang indah dan nyaman di tengah musim kemarau yang panas ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *