Scroll untuk baca artikel
Rupa

Struktur Kepanitiaan Pameran Dan Tugasnya

×

Struktur Kepanitiaan Pameran Dan Tugasnya

Sebarkan artikel ini
Struktur Kepanitiaan Pameran

Pameran seni rupa merupakan kegiatan penting bagi para seniman untuk menampilkan dan mempromosikan karya-karya mereka. Agar pameran dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan susunan kepanitiaan yang terstruktur dengan tugas yang jelas.

Susunan Kepanitiaan

Susunan kepanitiaan pameran seni rupa secara umum terdiri dari:

1. Ketua

Bertugas memimpin dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan panitia. Ketua bertanggung jawab penuh atas kelancaran penyelenggaraan pameran.

2. Wakil Ketua

Membantu tugas ketua dan menggantikan posisi ketua jika berhalangan. Wakil ketua juga memimpin rapat panitia dan mengatur jadwal serta agenda rapat.

3. Sekretaris

Bertugas mencatat notulen rapat, mengurus administrasi dan dokumentasi panitia, serta menyusun laporan pertanggungjawaban.

4. Bendahara

Mengelola keuangan panitia, membuat laporan keuangan, dan mencari sumber dana jika diperlukan.

5. Seksi-seksi

Terdiri dari Seksi Publikasi, Seksi Perlengkapan, Seksi Dekorasi, Seksi Konsumsi, dan lainnya. Masing-masing dengan tugas khusus.

Tugas dan Tanggung Jawab

Setiap bagian dalam susunan kepanitiaan memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam mensukseskan acara pameran seni rupa.

Ketua

Ketua memimpin rapat, membuat keputusan, dan memastikan semua pekerjaan diselesaikan tepat waktu. Ketua juga harus sigap mengatasi masalah yang muncul.

Wakil Ketua

Wakil ketua membantu tugas ketua dan menggantikan posisinya jika ketua berhalangan. Wakil ketua juga harus aktif berkoordinasi dengan seksi-seksi.

Sekretaris

Sekretaris bertugas mencatat semua kegiatan panitia, mengarsipkan dokumen, dan membuat laporan. Sekretaris juga mengurus surat menyurat dan perijinan.

Bendahara

Bendahara mengelola keuangan panitia secara transparan dan akuntabel. Bertugas mencari sumber dana dan membuat laporan keuangan.

Baca Juga!  Kekosongan Hukum: Ketika Aturan Belum Tertulis

Seksi Publikasi

Bertugas membuat materi publikasi seperti spanduk, poster, leaflet, dan lainnya. Juga mendokumentasikan kegiatan pameran.

Demikian rangkuman artikel mengenai struktur kepanitiaan pameran dan tugasnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *