Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Menerapkan Strategi SQ3R dalam Pembelajaran: Survey, Question, Read, Recite, Review

×

Menerapkan Strategi SQ3R dalam Pembelajaran: Survey, Question, Read, Recite, Review

Sebarkan artikel ini

Strategi SQ3R dalam Pembelajaran – Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu pengetahuan. Namun, bagaimana kita belajar dan mengolah informasi dapat membuat perbedaan besar dalam pemahaman dan penguasaan materi ajar. Salah satu strategi pembelajaran yang efektif adalah SQ3R. Strategi SQ3R merupakan singkatan dari lima langkah kunci: Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi setiap langkah dalam strategi ini serta manfaatnya dalam membantu siswa belajar secara lebih sistematis dan efisien.

Survey

Survey dalam Pembelajaran

Langkah pertama dalam strategi SQ3R adalah Survey atau peninjauan. Guru atau pembaca perlu membantu siswa untuk memeriksa atau meneliti secara singkat seluruh struktur pokok kajian. Tujuannya adalah agar siswa mendapatkan gambaran umum tentang materi ajar yang akan dipelajari. Dalam langkah ini, siswa perlu melihat panjangnya pokok kajian, judul bagian (heading), judul sub bagian (sub heading), istilah kata kunci, dan sebagainya. Peninjauan ini memberikan kerangka kerja awal bagi siswa untuk memahami apa yang akan mereka pelajari.

Question

https://tse1.mm.bing.net/th?q=Question dalam Pembelajaran

Setelah menyelesaikan langkah Survey, langkah berikutnya adalah Question atau pertanyaan. Siswa perlu membuat pertanyaan-pertanyaan yang relevan tentang bacaan atau materi ajar yang akan mereka pelajari. Tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan fokus pada informasi yang penting. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti apa yang ingin mereka pelajari dari materi tersebut, konsep-konsep utama, atau bagaimana materi tersebut berkaitan dengan pengetahuan sebelumnya. Membuat pertanyaan-pertanyaan ini memberi siswa arah yang jelas dalam proses pembelajaran.

Read

Read dalam Pembelajaran

Setelah membuat pertanyaan-pertanyaan yang relevan, saatnya untuk Read atau membaca materi ajar secara keseluruhan. Dalam langkah ini, siswa harus fokus pada pemahaman mendalam materi. Mereka mencermati informasi yang sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah mereka buat sebelumnya. Penting untuk membaca dengan penuh perhatian dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Langkah ini merupakan inti dari proses pembelajaran dalam strategi SQ3R.

Baca Juga!  3 Perbedaan Antara Klasifikasi dan Analisis dalam Ilmu Pengetahuan Logika

Recite

https://tse1.mm.bing.net/th?q=Recite dalam Pembelajaran

Setelah menyelesaikan pembacaan, langkah selanjutnya adalah Recite atau mengulang kembali materi dengan menggunakan pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengingat dan merekam informasi yang telah mereka baca. Dengan mengulang kembali materi dan menjawab pertanyaan mereka sendiri, siswa dapat memperkuat pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Ini juga membantu dalam pengingatan informasi jangka panjang.

Review

https://tse1.mm.bing.net/th?q=Review dalam Pembelajaran

Langkah terakhir dalam strategi SQ3R adalah Review atau meninjau kembali materi ajar. Setelah mengulang kembali materi, siswa harus meninjau kembali keseluruhan materi untuk memastikan pemahaman yang lebih mendalam. Mereka dapat mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka buat dan memastikan bahwa mereka memahami inti dari materi tersebut. Ini adalah langkah akhir yang membantu siswa memastikan bahwa mereka benar-benar memahami dan menguasai materi yang dipelajari.

Manfaat Strategi SQ3R dalam Pembelajaran

Strategi SQ3R memberikan banyak manfaat dalam proses pembelajaran. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari menerapkan strategi ini:

  • Pembelajaran yang Sistematis: SQ3R membantu siswa untuk belajar secara sistematis. Mereka memiliki kerangka kerja yang jelas untuk mengorganisir informasi dan pemahaman mereka.
  • Fokus pada Informasi Penting: Dengan membuat pertanyaan sebelum membaca, siswa dapat fokus pada informasi yang penting dan relevan. Ini membantu mereka menghindari “kehilangan diri” dalam materi yang luas.
  • Penguatan Pengingatan: Langkah Recite membantu dalam pengingatan informasi. Dengan menjawab pertanyaan mereka sendiri, siswa dapat memastikan bahwa mereka benar-benar mengingat apa yang telah mereka pelajari.
  • Pemahaman yang Mendalam: SQ3R mendorong pemahaman yang mendalam tentang materi ajar. Siswa tidak hanya membaca, tetapi juga memproses informasi dengan pertanyaan dan ulangan.
  • Peningkatan Keterampilan Studi: Strategi ini membantu siswa mengembangkan keterampilan studi yang baik, seperti mengorganisir informasi, membuat pertanyaan yang relevan, dan mengevaluasi pemahaman.
Baca Juga!  Lingkungan Sekolah yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid

Kesimpulan

Strategi SQ3R adalah alat yang kuat untuk membantu siswa belajar secara sistematis, efektif, dan efisien. Dengan langkah-langkah seperti Survey, Question, Read, Recite, dan Review, siswa dapat memaksimalkan pemahaman mereka tentang materi ajar. Strategi ini bukan hanya tentang membaca, tetapi juga tentang pemrosesan informasi, pengorganisasian, dan pengingatan. Dengan menerapkan SQ3R, siswa dapat mengoptimalkan proses pembelajaran mereka dan mencapai pemahaman yang lebih mendalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *