Scroll untuk baca artikel
Rupa

Analisis Keuntungan Penerapan Sistem Informasi Teknologi dalam Segi Non-Ekonomi Beserta Contohnya

×

Analisis Keuntungan Penerapan Sistem Informasi Teknologi dalam Segi Non-Ekonomi Beserta Contohnya

Sebarkan artikel ini
Analisis Keuntungan Penerapan Sistem Informasi Teknologi dalam Segi Non-Ekonomi Beserta Contohnya

Sistem Informasi Teknologi (IST) telah menjadi tulang punggung banyak organisasi di seluruh dunia. Dalam lingkup ini, manfaat IST tak hanya terbatas pada aspek ekonomi, melainkan juga memengaruhi berbagai aspek intangible atau non-ekonomi yang berdampak positif pada keseluruhan kinerja dan keberhasilan suatu organisasi. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan dan menganalisis beberapa keuntungan penerapan IST dalam aspek non-ekonomi, lengkap dengan contoh dan referensi yang relevan.

Efisiensi dan Produktivitas

Efisiensi dan Produktivitas

Salah satu manfaat paling mencolok dari penerapan IST dalam organisasi adalah peningkatan efisiensi dan produktivitas. IST memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan berbagai sistem dan proses, yang pada gilirannya memungkinkan akses yang mudah dan cepat ke informasi. Ini menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan efisien, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Contoh konkret dari manfaat ini dapat ditemukan di berbagai organisasi di seluruh dunia. Sebagai contoh, perusahaan manufaktur yang menerapkan sistem manajemen produksi berbasis IST dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengkoordinasi produksi dan mengelola rantai pasokan. Ini berarti produk dapat dipasarkan lebih cepat, memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik, dan mengurangi biaya operasional secara keseluruhan.

Kualitas dan Akurasi

Manfaat IST lainnya adalah peningkatan kualitas dan akurasi informasi yang digunakan dalam organisasi. IST mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pengolahan data dan mengintegrasikan berbagai sumber informasi. Ini menghasilkan informasi yang lebih konsisten dan dapat diandalkan.

Sebagai contoh, dalam dunia pelayanan kesehatan, sistem informasi medis dapat membantu dokter dan petugas medis mengakses data pasien dengan cepat. Informasi yang akurat ini adalah kunci untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang efektif. Kesalahan dalam pengolahan data medis dapat berdampak serius pada kesehatan pasien. Dengan demikian, penerapan IST dalam aspek ini memiliki dampak yang sangat positif.

Baca Juga!  Perjalanan Manusia: Dari Agrarian Era ke Industrial Era dan Information Era

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah faktor kritis dalam kesuksesan organisasi apa pun. IST dapat membantu organisasi meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan informasi yang akurat dan cepat. Sebuah sistem yang terintegrasi memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah mengakses informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh organisasi.

Sebagai contoh, perusahaan e-commerce besar seperti Amazon telah sukses mengintegrasikan berbagai teknologi IST untuk memberikan pengalaman pelanggan yang unik. Mereka memungkinkan pelanggan untuk melacak pengiriman secara real-time, memberikan rekomendasi produk yang relevan, dan menyediakan berbagai opsi pembayaran yang nyaman. Semua faktor ini berkontribusi pada kepuasan pelanggan yang tinggi dan pertumbuhan bisnis yang luar biasa.

Contoh Penerapan IST: Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Salah satu contoh penerapan IST dalam aspek non-ekonomi yang mencolok adalah Sistem Informasi Manajemen (SIM). SIM adalah sistem yang dirancang khusus untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi yang akurat dan cepat.

SIM mengintegrasikan data dari berbagai departemen dan fungsi dalam organisasi, memungkinkan manajer untuk melihat gambaran yang lengkap dan aktual tentang kinerja organisasi. Ini membantu dalam pengambilan keputusan strategis, perencanaan, dan pengelolaan sumber daya.

Contoh lainnya adalah penerapan SIM dalam dunia pendidikan. Sekolah dan universitas menggunakan sistem informasi akademik untuk melacak kinerja siswa, mengelola jadwal kuliah, dan menyediakan informasi kepada siswa dan orang tua dengan cepat. Hal ini meningkatkan efisiensi administrasi dan menghasilkan kepuasan siswa yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Penerapan Sistem Informasi Teknologi (IST) dalam organisasi memiliki manfaat yang signifikan dalam aspek non-ekonomi. Efisiensi dan produktivitas yang ditingkatkan, kualitas dan akurasi informasi yang lebih baik, serta peningkatan kepuasan pelanggan adalah beberapa contoh keuntungan yang dapat diperoleh dari IST. Ini berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang organisasi, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan menciptakan nilai yang signifikan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang manfaat ini, organisasi dapat memanfaatkan IST secara optimal untuk mencapai tujuan mereka.

Baca Juga!  Rahasia Psikologi menakjubkan: Menggali Potensi Diri

Referensi:

  1. Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2016). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. Pearson.
  2. O’Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2010). Management Information Systems. McGraw-Hill/Irwin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *