Scroll untuk baca artikel
Rupa

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Avatar
×

Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi di Indonesia telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak zaman prasejarah hingga saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi ini sejalan dengan peradaban dan kemajuan bangsa Indonesia sendiri.

Zaman Prasejarah

Pada zaman prasejarah, bentuk komunikasi yang digunakan oleh manusia masih sangat sederhana dan terbatas. Mereka mengandalkan bahasa tubuh dan bunyi-bunyian sebagai alat komunikasi.

Lukisan Gua

Lukisan Gua

Salah satu bentuk komunikasi visual pertama yang dikenal adalah lukisan di dinding-dinding gua. Lukisan gua ini dibuat dengan memanfaatkan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan. Lukisan gua biasanya menggambarkan kegiatan berburu, binatang, dan kepercayaan mereka pada waktu itu. Lukisan gua ini menjadi bukti adanya kehidupan sosial budaya pada masa prasejarah di Indonesia.

Bahasa Isyarat

Selain lukisan gua, manusia purba juga sudah menggunakan bahasa isyarat sederhana untuk berkomunikasi. Mereka menggunakan gerakan tangan, anggukan kepala, dan raut wajah untuk menyampaikan maksud dan keinginan mereka kepada orang lain. Cara ini memungkinkan mereka berinteraksi tanpa menggunakan bahasa verbal.

Alat Musik

Alat musik seperti gendang dan seruling bambu juga digunakan sebagai alat komunikasi pada masa prasejarah. Irama dan nada pada alat musik tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan atau peringatan bahaya kepada anggota suku lainnya.

Zaman Sejarah

Memasuki zaman sejarah, perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia semakin maju dengan ditemukannya sistem tulisan dan aksara.

Baca Juga!  Apa Arti "CR" di TikTok dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Tulisan di Atas Daun Lontar

Masyarakat Indonesia kuno banyak yang menggunakan daun lontar sebagai media untuk menulis. Teknik menulis di atas daun lontar ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-4 Masehi. Tulisan di atas daun lontar biasanya berisi catatan sejarah, cerita rakyat, kitab suci agama Hindu dan Buddha.

Prasasti

Prasasti

Selain daun lontar, batu prasasti juga digunakan sebagai media komunikasi oleh kerajaan-kerajaan di Indonesia. Isi prasasti umumnya berupa informasi mengenai keluarga kerajaan, kebijakan raja, dan capaian kerajaan. Prasasti yang ditemukan di Indonesia diperkirakan berasal dari abad ke-5 Masehi.

Surat dan Dokumen

Komunikasi tulis juga dilakukan melalui surat dan dokumen di atas kertas. Penggunaan kertas sebagai media penulisan diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar abad ke-14 Masehi melalui jalur perdagangan dengan Tiongkok dan India.

Zaman Kolonial

Pada masa kolonial Belanda, teknologi komunikasi modern mulai diperkenalkan di Indonesia.

Surat Kabar

Surat kabar pertama di Hindia Belanda (Indonesia) adalah Bataviase Nouvelles yang terbit pada 1744. Surat kabar ini ditujukan untuk orang Belanda yang tinggal di Batavia. Surat kabar dalam bahasa Melayu pertama kali terbit pada 1856 dengan nama Soerat Kabar Bahasa Melajoe.

Telegraf

Telegraf

Sistem komunikasi telegraf listrik pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1855 untuk kepentingan pemerintahan kolonial Belanda. Telegraf menjadi sarana komunikasi penting antara pusat pemerintahan kolonial di Batavia dengan daerah-daerah lainnya di Hindia Belanda.

Telepon

Layanan telepon pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 1882 di Batavia. Pada awalnya telepon hanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan kolonial Belanda. Baru pada akhir abad ke-19, layanan telepon mulai terbuka untuk umum di kota-kota besar seperti Batavia, Semarang, dan Surabaya.

Baca Juga!  Mengapa Berbakti kepada Orang Tua Itu Penting?

Zaman Kemerdekaan

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah Indonesia terus berupaya mengembangkan teknologi komunikasi untuk meningkatkan taraf hidup rakyat.

Stasiun Radio

Radio Republik Indonesia (RRI) didirikan pada 11 September 1945, beberapa hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. RRI memainkan peran penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan penyebaran informasi di seluruh Indonesia.

Stasiun Televisi

Stasiun Televisi

Televisi Republik Indonesia (TVRI) mulai mengudara pada 24 Agustus 1962. Acara pertama yang ditayangkan adalah upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia. TVRI menjadi stasiun televisi pertama di Asia Tenggara.

Jaringan Telepon

Pemerintah Indonesia terus berupaya memperluas jaringan telepon ke seluruh pelosok nusantara. Pada 1992, jaringan telepon otomatis pertama kali diperkenalkan untuk menggantikan sentral telepon manual yang sudah ada sebelumnya.

Internet

Internet mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1990-an. Pemerintah membentuk lembaga khusus yang bertugas mengembangkan infrastruktur internet di Indonesia, yaitu INHERENT (Indonesian Highway Network). Layanan internet komersial pertama kali diluncurkan oleh IndoNet pada 1994.

Era Digital

Memasuki abad ke-21, teknologi komunikasi di Indonesia semakin canggih dengan kemajuan teknologi digital dan internet.

Telepon Seluler

Penggunaan telepon seluler meledak di Indonesia pada awal tahun 2000an. Operator seluler bersaing ketat menyediakan layanan seluler 2G dan 3G yang makin murah dan terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Media Sosial

Media Sosial

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya mulai ramai digunakan masyarakat Indonesia sejak 2010an. Media sosial kini menjadi salah satu sarana komunikasi dan berbagi informasi utama bagi banyak orang.

Streaming Video

Layanan streaming video seperti Youtube, Netflix, dan Viu kini sudah sangat populer di Indonesia. Streaming video mengubah cara masyarakat mengakses hiburan dan informasi.

Demikian ringkasan singkat mengenai perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia dari masa ke masa. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi terus berlanjut hingga saat ini dan akan terus berkembang di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *