Scroll untuk baca artikel
Budaya

Sejarah Peradaban Dunia dari Masa ke Masa

Avatar
×

Sejarah Peradaban Dunia dari Masa ke Masa

Sebarkan artikel ini
Sejarah Peradaban Dunia dari Masa ke Masa

Peradaban manusia telah berkembang sejak ribuan tahun yang lalu. Peradaban-peradaban tertua di dunia bermula di lembah sungai yang subur seperti Mesopotamia, Mesir, Lembah Sungai Indus, dan Tiongkok pada kurun waktu sekitar 3000-2000 SM. Mereka mengembangkan sistem pertanian, perkotaan, tulisan, dan teknologi awal.

Peradaban-peradaban ini memberikan pengaruh besar bagi perkembangan peradaban di belahan dunia lainnya. Tulisan ini akan membahas sejarah singkat perkembangan peradaban dunia dari zaman kuno hingga modern berdasarkan sumber-sumber yang diberikan.

Peradaban Mesopotamia

Mesopotamia merupakan salah satu peradaban tertua di dunia yang berkembang di antara Sungai Eufrat dan Tigris (sekarang Irak). Peradaban ini dimulai sekitar 3500 SM oleh bangsa Sumeria yang membangun perkotaan dan mengembangkan sistem irigasi pertanian.

Peradaban Mesopotamia

Bangsa Akkadia kemudian menguasai daerah ini pada 2350 SM di bawah Raja Sargon yang memperluas wilayah kekuasaannya. Dilanjutkan oleh Bangsa Babilonia dan Assyria yang saling berebut dominasi. Hingga akhirnya Bangsa Persia menguasai Mesopotamia pada abad ke-6 SM di bawah Koresh yang Agung.

Mesopotamia banyak memberi pengaruh dalam bidang tulisan, hukum, arsitektur (ziggurat), teknik irigasi, kalender, dan sastra (Epos Gilgamesh).

Peradaban Mesir

Peradaban Mesir berkembang di sepanjang Sungai Nil sejak 3150 SM setelah penyatuan Mesir Hulu dan Hilir oleh Menes (Narmer). Peradaban ini mencapai kejayaan pada masa Kerajaan Baru di bawah Ramses II.

Peradaban Mesir

Bangunan-bangunan monumental seperti piramida, kuil, dan obelisk dibangun dengan teknik yang maju untuk zaman itu. Mesir juga mengembangkan tulisan hieroglif, ilmu kedokteran, matematika, astronomi, dan teknik irigasi pertanian.

Baca Juga!  Kekaisaran Aksum: Peradaban Kuno di Etiopia

Setelah mengalami kemunduran, Mesir akhirnya ditaklukan dan menjadi bagian Kekaisaran Romawi pada 30 SM.

Peradaban Lembah Indus

Peradaban ini berkembang di sepanjang Sungai Indus (sekarang Pakistan dan India barat) sejak 3300 SM. Pusat peradabannya terletak di Mohenjo-daro dan Harappa. Diduga runtuh sekitar 1900 SM akibat bencana kekeringan dan banjir.

Peradaban Lembah Indus

Peradaban Lembah Indus dikenal maju karena telah mengembangkan sistem perkotaan, tata ruang kota, saluran pembuangan air dan pengairan, serta menerapkan standar berat dan ukuran. Mereka juga telah memakai logam dan batu mulia.

Peradaban Eropa

Setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi, Eropa memasuki Zaman Kegelapan pada abad ke-5 M. Kemudian diikuti Zaman Pertengahan pada abad ke-5 hingga 15 yang ditandai berdirinya Kekaisaran Karoling di bawah Charlemagne.

Peradaban Eropa

Zaman Renaissance pada abad ke-15 dan 16 menjadi titik awal kebangkitan seni dan ilmu pengetahuan di Eropa. Diikuti Era Penjelajahan yang memicu terjadinya interaksi antar peradaban di berbagai benua.

Peradaban di Benua Lain

Di Afrika, peradaban Mesir Kuno di Sungai Nil menjadi salah satu peradaban tertua. Kemudian berkembang perdagangan emas di Afrika Barat pada abad pertengahan oleh pedagang Arab.

Sementara di Asia, peradaban Tiongkok, India dan Asia Tenggara saling berinteraksi melalui jalur perdagangan darat dan laut sejak abad ke-1 Masehi. Agama Buddha, Hindu dan Islam juga disebarkan oleh pedagang dan pendeta dari India dan Arab ke Asia Tenggara sejak masa itu.

Penutup

Demikian ringkasan singkat mengenai perkembangan peradaban dunia dari masa ke masa berdasarkan sumber yang diberikan. Peradaban manusia terus mengalami kemajuan serta saling mempengaruhi satu sama lain sejak zaman kuno hingga modern sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *