Scroll untuk baca artikel
Rupa

Proses Respirasi Aerob: 1 Molekul Glukosa Menghasilkan Berapa ATP

Avatar
×

Proses Respirasi Aerob: 1 Molekul Glukosa Menghasilkan Berapa ATP

Sebarkan artikel ini

Respirasi aerob merupakan proses yang menghasilkan energi bagi sel-sel dalam tubuh kamu. Glukosa, yaitu jenis gula yang terdapat dalam makanan, diubah menjadi ATP (adenosin trifosfat) atau sumber energi sel dalam tubuh kamu. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai berapa banyak ATP yang dihasilkan dari 1 molekul glukosa dalam proses respirasi aerob.

Tahap-tahap Respirasi Aerob

Respirasi aerob terdiri dari tiga tahap, yaitu glikolisis, siklus Krebs, dan fosforilasi oksidatif atau rantai transpor elektron. Tahap glikolisis terjadi di sitoplasma sel, sedangkan tahap siklus Krebs dan fosforilasi oksidatif terjadi di mitokondria.

Glikolisis

Glikolisis merupakan tahap yang mengubah glukosa menjadi dua molekul piruvat, serta menghasilkan sedikit ATP dan NADH. Dalam glikolisis, satu molekul glukosa menghasilkan 2 ATP dan 2 NADH.

Siklus Krebs

Siklus Krebs atau siklus asam sitrat merupakan tahap berikutnya dalam respirasi aerob. Tahap ini mengubah dua molekul piruvat menjadi energi yang dihasilkan oleh 1 molekul glukosa. Selama siklus ini, molekul NADH dan FADH2 dibuat, yang akan digunakan pada tahap selanjutnya.

Fosforilasi Oksidatif

Tahap terakhir dalam respirasi aerob adalah fosforilasi oksidatif atau rantai transpor elektron yang terjadi di membran mitokondria. Saat NADH dan FADH2 dilepaskan pada tahap sebelumnya, mereka memasuki rantai transpor elektron dan menghasilkan banyak ATP. Pada akhirnya, ATP dihasilkan sebanyak 34-36 ATP dari satu molekul glukosa.

Baca Juga!  Fungsi Tuts pada Pianika: Memahami Peran Tuts Putih dan Tuts Hitam

FAQ

Apa yang dimaksud dengan respirasi aerob?

Respirasi aerob adalah proses yang menghasilkan energi bagi sel dalam tubuh kamu. Proses ini mengubah gula (glukosa) menjadi ATP, yang digunakan sebagai sumber energi.

Apa itu glikolisis?

Glikolisis adalah tahap awal dalam respirasi aerob. Pada tahap ini, glukosa diubah menjadi dua molekul piruvat dan ATP serta NADH dihasilkan.

Berapa banyak ATP yang dihasilkan dari 1 molekul glukosa pada respirasi aerob?

Pada respirasi aerob, 1 molekul glukosa menghasilkan sekitar 36-38 ATP.

Kesimpulan

Respirasi aerob adalah proses penting yang memberikan energi kepada sel dalam tubuh kamu. Selama respirasi aerob, 1 molekul glukosa menghasilkan sekitar 36-38 ATP melalui beberapa tahap, termasuk glikolisis, siklus Krebs, dan fosforilasi oksidatif atau rantai transpor elektron. Dengan mengetahui berapa banyak ATP yang dihasilkan selama respirasi aerob, kamu dapat memahami mengapa glukosa penting untuk kesehatan tubuh kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *