Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Quizizz dan Implementasi Kurikulum Merdeka

×

Quizizz dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Sebarkan artikel ini
Quizizz dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Hai teman-teman, apa kabar? Pasti banyak dari kalian yang sudah mendengar tentang Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di sekolah-sekolah. Nah, kurikulum baru ini mengusung banyak perubahan dalam sistem pendidikan kita. Salah satu perubahan terbesarnya adalah penerapan prinsip fleksibilitas, kekinian, dan kemenyenangan dalam pembelajaran.

Lantas, platform apa yang bisa membantu para guru mengimplementasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka ini? Jawabannya adalah Quizizz!

Mengapa Quizizz Sangat Membantu Kurikulum Merdeka?

Ada beberapa alasan mengapa Quizizz sangat cocok untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, di antaranya:

1. Memenuhi kebutuhan fleksibilitas pembelajaran

Quizizz dapat diakses kapan saja dan di mana saja

Salah satu keunggulan Quizizz adalah sifatnya yang sangat fleksibel. Quizizz merupakan platform digital berbasis website yang bisa diakses dari mana saja, kapan saja, selama ada koneksi internet.

Dengan Quizizz, siswa bisa belajar dan mengerjakan kuis tidak hanya di dalam kelas, tapi juga di rumah atau di mana pun mereka berada. Guru juga lebih leluasa membuat jadwal pembelajaran sesuai kebutuhan.

Hal ini sangat sejalan dengan konsep fleksibilitas dalam Kurikulum Merdeka yang menekankan belajar tidak hanya terjadi di sekolah tapi juga di luar sekolah.

2. Menyediakan materi pembelajaran terverifikasi

Quizizz tidak hanya menyediakan fitur kuis interaktif, tapi juga ribuan materi pembelajaran yang sudah terverifikasi kualitasnya. Materi-materi ini disusun oleh para kontributor terpercaya dan telah melalui proses verifikasi oleh tim Quizizz.

Baca Juga!  Cara Mudah dan Cepat Membuat Video Pembelajaran dengan Canva

Dengan demikian, para guru tidak perlu bersusah payah menyusun materi sendiri dari awal. Mereka tinggal memanfaatkan dan menyesuaikan ribuan materi yang telah tersedia di perpustakaan Quizizz. Tentu saja hal ini sangat membantu guru dalam menerapkan kurikulum baru.

Quizizz menyediakan ribuan materi pembelajaran terverifikasi

3. Membantu penilaian pembelajaran

Salah satu fitur andalan Quizizz adalah sistem penskoran dan penilaian otomatis. Platform ini akan secara otomatis menghitung nilai siswa berdasarkan jawaban kuis yang dikerjakan.

Guru pun bisa melihat laporan nilai dan analitik jawaban siswa secara lengkap. Tentu fitur semacam ini sangat memudahkan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran, sesuai tuntutan kurikulum baru.

4. Meningkatkan semangat belajar siswa

Antarmuka dan fitur-fitur Quizizz dirancang agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Misalnya saja ada elemen gamifikasi seperti tantangan, lencana, dan leaderboard yang bisa memacu semangat kompetisi sehat antar siswa. Lalu ada pula beragam tema dan latar belakang kuis yang lucu dan warna-warni.

Konsep pembelajaran yang menyenangkan ini sesuai dengan penekanan Kurikulum Merdeka agar siswa tumbuh dengan penuh kebahagiaan.

5. Mendukung pembelajaran daring & luring

Di era pandemi Covid-19 ini, banyak sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh/daring (online learning). Quizizz sangat mendukung penerapan pembelajaran daring ini.

Selain itu, Quizizz juga bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran tatap muka/luring (offline learning) di kelas. Jadi, Quizizz sangat fleksibel penggunaannya.

Dengan dukungan kedua mode pembelajaran ini, Quizizz sangat pas untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, baik di masa pandemi ataupun setelahnya.

Nah, itu dia lima alasan utama mengapa Quizizz sangat membantu sekolah dan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Quizizz mengintegrasikan berbagai fitur canggih yang sesuai dengan tuntutan fleksibilitas, kekinian, dan kemenyenangan dalam kurikulum terbaru ini.

Baca Juga!  3 Perbedaan dan Penerapan Pendidikan IPS untuk Sekolah dan Perguruan Tinggi di Indonesia

Contoh Pemanfaatan Quizizz untuk Pembelajaran

Agar lebih memahami cara memanfaatkan Quizizz untuk mendukung pembelajaran, berikut ini beberapa contoh penerapannya:

Kuis Interaktif

Guru bisa memanfaatkan fitur kuis interaktif Quizizz untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Kuis bisa dibuat sendiri atau memanfaatkan ratusan kuis yang telah tersedia di perpustakaan Quizizz.

Kuis interaktif ini bisa diberikan baik saat pembelajaran luring di kelas atau secara daring melalui penugasan online.

Contoh antarmuka kuis interaktif Quizizz

Games Pembelajaran

Selain kuis, Quizizz juga menyediakan beragam games pembelajaran yang bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan siswa dalam suasana yang menyenangkan.

Ada game kuis tebak gambar, teka-teki silang, puzzle, dan lainnya. Guru bisa memanfaatkan game-game ini untuk membuat variasi aktivitas pembelajaran di kelas.

Beragam games pembelajaran di Quizizz

Laporan Nilai Siswa

Fitur laporan nilai pada Quizizz memungkinkan guru untuk memantau perkembangan hasil belajar siswa-siswanya.

Laporan nilai ini bisa dibuka kapan saja oleh guru untuk evaluasi dan pengambilan keputusan terkait program remedial bagi siswa yang nilainya masih di bawah standar.

Laporan nilai siswa pada Quizizz

Nah, itu dia beberapa contoh pemanfaatan Quizizz yang bisa membantu implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur canggihnya, Quizizz bisa menjadi solusi terbaik untuk menciptakan pembelajaran yang fleksibel, kekinian, dan menyenangkan sesuai tuntutan kurikulum merdeka.

Penutup

Itulah pembahasan panjang lebar mengenai manfaat Quizizz untuk mendukung penerapan Kurikulum Merdeka, lengkap dengan beberapa contoh konkrit pemanfaatannya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi para pendidik di sekolah.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman guru lainnya ya. Dengan bersama-sama memanfaatkan teknologi seperti Quizizz, kita bisa sukses mengimplementasikan Kurikulum Merdeka demi masa depan siswa Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *