Seorang murid SMP sedang bermain bersama dengan teman sekelasnya di belakang halaman sekolah. Ketika sedang asyik bermain mereka melihat banyak sekali botol air mineral yang berserakan. Mereka pun berinisiatif untuk mengumpulkannya. Salah seorang murid menyampaikan idenya supanya botol air mineral ini bisa dimanfaatkan sebagai kursi dan meja untuk bersantai di taman sekolah . merekapun menyampaikan idenya kepada bu Santi guru prakarya mereka. Bu santi menyetujui ide mereka dan meminta mereka untuk membuat desain kursi yang dimaksud dan teknik pembuatannya. Salah satu anak menyampaikan juga kepada bu santi bahwa kursi tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bersantai di taman perkampungan.
Berdasarkan kasus di atas strategi yang tepat untuk mengembangkan stundent agency adalah …
a. Melibatkan media untuk mengomunikasikan dan mempromosikan berbagai Aktivitas murid
b. Mendorong murid untuk menyuarakan pendapat, saran-saran, solusi dan menyalurkannya kepada Petugas Kantin
c. Melibatkan lingkungan sekitar sekolah dalam berbagai kegiatan yang digagas murid
d. Mengundang pustakawan untuk ikut serta dalam perencanaan pemelajaran, sehingga mereka bisa membantu menyediakan akses ke sumber-sumber belajar yang sesuai.
Untuk mengembangkan student agency berdasarkan kasus murid SMP yang mengumpulkan botol air mineral dan berinisiatif membuat kursi dan meja, strategi yang paling tepat adalah:
d. Melibatkan lingkungan sekitar sekolah dalam berbagai kegiatan yang digagas murid
Alasan memilih strategi ini adalah karena:
- Keterlibatan Komunitas: Dengan melibatkan lingkungan sekitar, murid dapat melihat dampak nyata dari ide mereka dan bagaimana hal tersebut bermanfaat bagi masyarakat. Ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab sosial dan keterlibatan mereka dalam komunitas.
- Pengembangan Keterampilan Sosial dan Kolaboratif: Melibatkan lingkungan sekitar akan mengajarkan murid keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, yang merupakan bagian penting dari pengembangan student agency.
- Penerapan Ide Secara Nyata: Ide membuat kursi dan meja dari botol air mineral dapat diimplementasikan tidak hanya di sekolah tetapi juga di taman perkampungan, sehingga memberikan manfaat lebih luas dan meningkatkan relevansi pembelajaran mereka.
Pilihan lain seperti melibatkan media, pustakawan, atau petugas kantin mungkin juga bermanfaat, tetapi tidak seefektif melibatkan lingkungan sekitar dalam konteks ini. Melibatkan media lebih fokus pada promosi, sedangkan melibatkan pustakawan dan petugas kantin lebih kepada dukungan internal yang tidak langsung mengembangkan student agency secara luas di luar lingkungan sekolah.
Dengan demikian, melibatkan lingkungan sekitar adalah strategi yang paling tepat untuk mengembangkan student agency dalam kasus ini[1][2][3].
Citations:
[1] https://wislah.com/seorang-murid-smp-sedang-bermain-bersama-dengan-teman-sekelasnya-dibelakang-halaman-sekolah-sedang-asyik-bermain-mereka-melihat-banyak-sekali-botol-air-mineral-yang-berserakan-mereka-pun-berinisiati/
[2] https://www.kherysuryawan.id/2023/03/pretest-tes-awal-modul-3-guru-penggerak.html
[3] https://www.quena.id/pendidikan/66513229140/seorang-murid-smp-sedang-bermain-bersama-dengan-teman-sekelasnya-di-belakang-halaman-sekolah-ketika-sedang-asyik-bermain-mereka-melihat-banyak-sekali