Seorang kepala sekolah akan mengadakan acara perpisahan pada akhir tahun ajaran. Namun, berdasarkan rencana anggaran yang direncanakan, ternyata dana yang dibutuhkan cukup besar dan tidak sesuai dengan anggaran sekolah yang tersedia. Kepala sekolah melakukan diskusi dengan beberapa guru untuk tetap melakukan acara perpisahan dengan menggunakan apa yang ada dan yang bisa dilakukan oleh sekolah agar acara perpisahan tetap terlaksana
Gambaran tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut mendeskripsikan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yaitu …
a. Membangun koneksi dan kolaborasi, yaitu perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif, jaringan dan hubungan yang kuat antara penduduk, organisasi, bisnis, dan komunitas.
b. Menghasilkan kepemimpinan, yaitu perilaku yang terus-menerus memperluas dan memperbaharui kapasitas kepemimpinan masyarakat.
c. Mempraktikkan dialog berkelanjutan dan partisipasi anggota masyarakat, yaitu perilaku yang menghargai keragaman dan mendorong dialog penduduk yang aktif, partisipasi dan kepemilikan masyarakat atas masa depan.
d. Merangkul perubahan dan bertanggung jawab, yaitu perilaku yang memperkuat kemampuan masyarakat untuk mengatasi perubahan dan pulih dari krisis.
e. Membentuk masa depannya, yaitu perilaku yang memungkinkan visi komunitas bersama tentang masa depan, sebagaimana tercermin dalam tujuan praktis komunitas, rencana aksi, dan peringkat prioritas.
Tindakan yang dilakukan oleh kepala sekolah, yaitu berdiskusi dengan beberapa guru untuk tetap melaksanakan acara perpisahan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, mencerminkan karakter komunitas yang sehat dan resilien dalam Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development). Dalam konteks ini, karakter yang paling tepat adalah:
a. Membangun koneksi dan kolaborasi
Ini karena tindakan kepala sekolah yang melibatkan diskusi dan kerja sama dengan para guru menunjukkan perilaku yang mendorong perencanaan dan tindakan kolaboratif. Ini juga menciptakan jaringan dan hubungan yang kuat antara para pendidik di sekolah, yang merupakan inti dari pendekatan ABCD. Kolaborasi ini memungkinkan mereka untuk mencari solusi bersama dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menyelenggarakan acara perpisahan meskipun dengan anggaran terbatas[2][3].
Citations:
[1] https://www.acehground.com/pendidikan/seorang-kepala-sekolah-akan-mengadakan-acara-perpisahan-pada-akhir-tahun-ajaran/
[2] https://www.kherysuryawan.id/2023/03/pretest-tes-awal-modul-3-guru-penggerak.html
[3] https://www.portalbaraya.com/pendidikan/53710635446/jawaban-seorang-kepala-sekolah-akan-mengadakan-acara-perpisahan-pada-akhir-tahun-ajaran-namun
[4] https://padang.tribunnews.com/2023/10/17/10-contoh-soal-post-test-modul-3-guru-penggerak-dan-kunci-jawaban