Seorang guru memiliki kemampuan mengajar yang hebat, bersikap ramah, dan berjiwa penyayang pada siswa layaknya anak sendiri. Beliau memiliki segudang prestasi dan sering menjadi juara lomba inovasi tingkat kabupaten maupun provinsi. Sehingga, kepala sekolah merekomendasikan guru tersebut untuk mengikuti seleksi menjadi pengawas sekolah. Namun, ternyata guru tersebut justru merasa sedih atas rekomendasi kepala sekolahnya untuk mengikuti seleksi calon kepala sekolah
Berdasarkan pernyataan di bawah ini:
- Saya setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena jika menjadi pengawas sekolah, maka guru tersebut tidak akan bisa mengajar dan mencurahkan ilmu dan kasih sayang nya pada siswa
- Saya setuju dengan sikap kepala sekolah, karena seorang guru yang syaratnya terpenuhi menjadi pengawas sekolah, sudah selayaknya direkomendasikan oleh kepala sekolahnya untuk menjadi pengawas sekolah ketika ada lowongan menjadi pengawas sekolah
- Saya tidak setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena seharusnya guru tersebut bangga dan berterima kasih sudah diberikan kesempatan oleh kepala sekolah untuk mengikuti seleksi menjadi pengawas sekolah
- Saya tidak setuju dengan tindakan kepala sekolah, karena keinginan menjadi pengawas sekolah seharusnya timbul dari guru yang bersangkutan, bukan dari kepala sekolah
Jika dikaitkan dengan tindakan yang mencerminkan Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development), maka pernyataan di atas yang tepat yaitu …
a. 1 dan 4
b. 1 dan 2
d. 1 dan 3
e. 2 dan 4
Pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) menekankan pada pengembangan komunitas dengan memanfaatkan aset dan potensi yang ada dalam komunitas tersebut. Dalam konteks pendidikan, pendekatan ini berarti memanfaatkan kekuatan dan kemampuan individu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan komunitas sekolah.
Berdasarkan pernyataan yang diberikan:
- Saya setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena jika menjadi pengawas sekolah, maka guru tersebut tidak akan bisa mengajar dan mencurahkan ilmu dan kasih sayang nya pada siswa.
- Saya setuju dengan sikap kepala sekolah, karena seorang guru yang syaratnya terpenuhi menjadi pengawas sekolah, sudah selayaknya direkomendasikan oleh kepala sekolahnya untuk menjadi pengawas sekolah ketika ada lowongan menjadi pengawas sekolah.
- Saya tidak setuju dengan apa yang dirasakan oleh guru tersebut, karena seharusnya guru tersebut bangga dan berterima kasih sudah diberikan kesempatan oleh kepala sekolah untuk mengikuti seleksi menjadi pengawas sekolah.
- Saya tidak setuju dengan tindakan kepala sekolah, karena keinginan menjadi pengawas sekolah seharusnya timbul dari guru yang bersangkutan, bukan dari kepala sekolah.
Jika dikaitkan dengan tindakan yang mencerminkan Pendekatan ABCD, pernyataan yang tepat adalah:
a. 1 dan 4
Penjelasan:
- Pernyataan 1 mencerminkan penghargaan terhadap aset dan potensi yang dimiliki oleh guru dalam perannya sebagai pengajar. Guru tersebut memiliki kemampuan mengajar yang hebat dan kasih sayang yang besar terhadap siswa, yang merupakan aset penting bagi komunitas sekolah.
- Pernyataan 4 mencerminkan prinsip bahwa perubahan atau pengembangan harus didorong oleh keinginan dan inisiatif individu yang bersangkutan. Dalam pendekatan ABCD, penting untuk menghormati aspirasi dan keinginan individu, sehingga mereka dapat berkontribusi secara maksimal sesuai dengan potensi dan minat mereka.
Pernyataan lainnya (2 dan 3) lebih menekankan pada prosedur formal dan pandangan eksternal terhadap potensi guru tanpa mempertimbangkan keinginan pribadi dan peran spesifik yang sudah dijalankan oleh guru tersebut dalam komunitas sekolah.
Citations:
[1] https://nbfsoft.com/2024/01/soal-pretest-post-test-modul-3-guru-penggerak-2/
[2] https://www.sinau-thewe.com/2023/12/postest-modul-3-guru-penggerak-2023.html
[3] https://www.quena.id/pendidikan/66511740803/jawaban-seorang-guru-memiliki-kemampuan-mengajar-yang-hebat-bersikap-ramah-dan-berjiwa-penyayang-pada-siswa-layaknya-anak-sendiri
[4] https://www.unews.id/pendidikan/28811775067/seorang-guru-memiliki-kemampuan-mengajar-yang-hebat-bersikap-ramah-dan-berjiwa-penyayang-pada-siswa