Sebuah sekolah berlokasi di daerah perkotaan yang heterogen penduduknya. Latar belakang orang tua kebanyakan keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Hal tersebut terlihat dari perilaku dan gaya hidup siswa-siswinya. Dalam keseharian di sekolah terlihat mereka lebih asyik dengan telepon selulernya. Demikian juga dengan-gurunya. Melihat hal tersebut, Pak Iwan sebagai kepala sekolah ingin melakukan perubahan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang mampu mendorong kepemimpinan murid. Bersama wakil kepala sekolah, beliau berdiskusi bersama merancang program sekolah yang mengutamakan pembentukan perilaku siswa yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
a. Adakah kebijakan sekolah yang perlu ditinjau ulang terkait dengan pembelajaran berbasis teknologi yang harus diterapkan dikelas
b. Aktivitas pembelajaran di kelas yang bagaimana yang paling disukai murid dikelas dimasa Pandemi ini
c. Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi
d. Bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sekaligus mewujudkan siswa yang berkarakter dengan memanfaatkan teknologi
e. Program apa yang menarik siswa untuk menumbuhkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi
Untuk membantu Pak Iwan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dan pembentukan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, berikut adalah jawaban untuk setiap pertanyaan yang diajukan:
a. Adakah kebijakan sekolah yang perlu ditinjau ulang terkait dengan pembelajaran berbasis teknologi yang harus diterapkan di kelas?
Ya, ada beberapa kebijakan yang perlu ditinjau ulang:
- Penggunaan Telepon Seluler: Kebijakan mengenai penggunaan telepon seluler di kelas perlu diperjelas. Misalnya, telepon seluler hanya boleh digunakan untuk tujuan pembelajaran dan harus disimpan selama waktu pelajaran berlangsung jika tidak digunakan untuk kegiatan belajar.
- Akses Internet: Pastikan bahwa akses internet di sekolah digunakan untuk kegiatan edukatif. Blokir situs yang tidak relevan dengan pembelajaran.
- Pelatihan Guru: Kebijakan pelatihan guru dalam penggunaan teknologi harus diperkuat agar mereka dapat memanfaatkan teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran.
b. Aktivitas pembelajaran di kelas yang bagaimana yang paling disukai murid di masa pandemi ini?
Selama pandemi, siswa cenderung menyukai aktivitas pembelajaran yang interaktif dan berbasis teknologi, seperti:
- Pembelajaran Daring Interaktif: Menggunakan platform seperti Zoom atau Google Meet dengan fitur interaktif seperti polling, breakout rooms, dan kuis daring.
- Game Edukasi: Menggunakan game edukasi yang dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa.
- Proyek Kolaboratif: Proyek yang melibatkan kerja sama antar siswa melalui alat kolaborasi online seperti Google Docs atau Trello.
c. Program apa yang perlu dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis teknologi?
Beberapa program yang dapat dirancang meliputi:
- Pelatihan Teknologi untuk Guru: Program pelatihan intensif bagi guru untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menggunakan alat dan platform teknologi.
- Integrasi Teknologi dalam Kurikulum: Merancang kurikulum yang mengintegrasikan penggunaan teknologi dalam setiap mata pelajaran.
- Pengembangan Konten Digital: Membuat dan mengkurasi konten digital yang relevan dan menarik untuk mendukung pembelajaran.
d. Bagaimana kita dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sekaligus mewujudkan siswa yang berkarakter dengan memanfaatkan teknologi?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membentuk karakter siswa dengan memanfaatkan teknologi, langkah-langkah berikut dapat diambil:
- Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL): Menggunakan proyek yang memerlukan kolaborasi, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan karakter siswa.
- Penggunaan Platform Pembelajaran Sosial: Menggunakan platform seperti Edmodo atau Google Classroom untuk membangun komunitas belajar yang mendukung nilai-nilai Pancasila.
- Evaluasi Berbasis Teknologi: Menggunakan alat evaluasi digital yang memberikan umpan balik langsung dan mendorong refleksi diri siswa.
e. Program apa yang menarik siswa untuk menumbuhkan pembelajaran yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi?
Program-program berikut dapat menarik minat siswa:
- Hackathon Edukasi: Mengadakan kompetisi hackathon yang mengajak siswa untuk menciptakan solusi teknologi untuk masalah nyata.
- Klub Teknologi dan Inovasi: Membentuk klub di mana siswa dapat mengeksplorasi teknologi terbaru dan mengembangkan proyek mereka sendiri.
- Pembelajaran Berbasis Game (Gamification): Mengintegrasikan elemen permainan dalam pembelajaran untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan dan menantang.
Dengan meninjau kebijakan yang ada, merancang program yang tepat, dan memanfaatkan teknologi secara efektif, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang tidak hanya meningkatkan kualitas pembelajaran tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
Citations:
[1] https://www.unews.id/pendidikan/28811738893/sebuah-sekolah-berlokasi-di-daerah-perkotaan-yang-heterogen-penduduknya-latar-belakang-orang-tua-simak-jawabannya
[2] https://www.acehground.com/pendidikan/sebuah-sekolah-berlokasi-di-daerah-perkotaan-yang-heterogen-penduduknya/
[3] https://www.kherysuryawan.id/2023/03/pretest-tes-awal-modul-3-guru-penggerak.html