Salah satu visi suatu sekolah yaitu menciptakan lulusan yang memiliki profil pelajar pancasila yang berjiwa gotong royong.
Aset yang dimiliki sekolah:
- Prestasi akademik dan non akademik siswa
- Ruang kelas dan toilet siswa sudah sesuai standar
- Hubungan baik dengan Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait
- . Keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa
Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mencapai visi sekolah tersebut berdasarkan aset yang dimiliki sekolah yang mencerminkan pendekatan asset based thinking, adalah …
a. Gotong royong kebersihan setiap hari jumat di sekitar sekolah
b. Kegiatan les tambahan dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan secara rutin
c. IHT untuk guru terkait topik pembelajaran Sosial Emosional
d. Rapat dengan komite sekolah dan stakeholder terkait pembiayaan sekolah secara rutin
e. Perayaan hari besar di sekolah secara rutin
Untuk mencapai visi sekolah yang ingin menciptakan lulusan dengan profil pelajar Pancasila yang berjiwa gotong royong, kegiatan yang dapat dilakukan berdasarkan aset yang dimiliki sekolah dan mencerminkan pendekatan asset-based thinking adalah:
a. Gotong royong kebersihan setiap hari Jumat di sekitar sekolah
Alasan memilih opsi ini adalah karena kegiatan gotong royong kebersihan:
- Memanfaatkan keanekaragaman suku, ras, dan agama para siswa untuk bekerja sama dalam kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekolah.
- Mendorong semangat kebersamaan dan kerjasama (gotong royong) yang merupakan salah satu nilai utama dalam profil pelajar Pancasila.
- Menggunakan hubungan baik dengan Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait untuk mendapatkan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan.
Kegiatan ini tidak hanya memanfaatkan aset yang ada, tetapi juga secara langsung mengembangkan nilai-nilai gotong royong di antara siswa, yang merupakan inti dari visi sekolah tersebut.