Salah satu keunggulan utama dari Kurikulum Merdeka adalah sifatnya yang lebih relevan dan interaktif, yang membedakannya dari kurikulum tradisional. Kurikulum Merdeka dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan minat siswa dengan cara yang lebih sesuai dengan konteks dan perkembangan zaman, sehingga materi yang diajarkan lebih relevan dengan pengalaman dan tantangan yang dihadapi oleh siswa di dunia nyata. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya mempelajari teori tetapi juga terlibat dalam kegiatan yang memacu keterampilan praktis dan pemecahan masalah yangnyata. Dari pernyataan tersebut, manakah yang lebih rekevan dan interaktif?
A. Guru juga diharapkan mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik Sekolah pun memiliki wewenang untu mengembangkan dan mengelola kurikulum pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.
B. Bagi peserta didik khususnya jenjang SMA tidak ada program peminatan di SMA sehingga peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat dan aspirasinya
C. Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila
D. Kurikulum Merdeka lebih berfokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya’
E. Proses pembelajaran yang diharapkan menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan
Dari pernyataan yang diberikan, opsi yang paling relevan dan interaktif dalam konteks Kurikulum Merdeka adalah:
C. Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.
Alasan utama adalah bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran yang relevan dan interaktif dengan mengintegrasikan proyek-proyek yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi isu-isu nyata. Pendekatan ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna, tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan praktis dan pemecahan masalah yang nyata, yang merupakan inti dari Kurikulum Merdeka[1][4][8].
Citations:
[1] https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
[2] https://sekolahchis.com/news/article/144/keunggulan-kurikulum-merdeka-bagi-siswa-guru-dan-sekolah?id=144
[3] https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah
[4] https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6818335/apa-itu-kurikulum-merdeka-ini-pengertian-prinsip-pembelajarannya
[5] https://intisari.grid.id/read/034133842/keunggulan-kurikulum-merdeka-adalah-relevan-dan-interaktif-apa-maknanya?page=all
[6] https://binus.ac.id/knowledge/2018/05/peran-konten-interaktif-dalam-dunia-pendidikan/
[7] https://id.wikipedia.org/wiki/Kurikulum_Merdeka
[8] https://www.rri.co.id/daerah/226165/endang-susilowati-kurikulum-merdeka-lebih-relevan-dan-interaktif