Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut. Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah …
A. TCK (technological and content knowledge)
B. TPK (technological and pedagogical knowledge)
C. PCK (pedagogical and content knowledge)
D. PK (pedagogical knowledge)
E. TK (technological knowledge)
Aktivitas belajar di kelas digital (LMS) yang melibatkan peserta didik mempelajari materi secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut, dominan berada dalam ranah TPACK yang dikenal sebagai TPK (technological and pedagogical knowledge).
Alasan utama mengapa TPK dianggap sebagai ranah yang dominan adalah karena aktivitas ini menggabungkan penggunaan teknologi (dalam bentuk video pembelajaran dan platform LMS) dengan strategi pedagogis yang memungkinkan pembelajaran mandiri dan asinkron. Guru yang menguasai TPK mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran digital yang efektif dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran dan memenuhi kebutuhan belajar siswa secara mandiri[1][2][5].
Citations:
[1] https://www.gurusantai.com/2024/08/jawaban-pretest-pembatik-level-2-2024.html
[2] https://www.ibadjournals.com/2024/08/jawaban-soal-pendekatan-tpack.html
[3] https://studyx.ai/homework/103075278-salah-satu-aktivitas-belajar-di-kelas-digital-lms-adalah-peserta-didik-mempelajari-materi
[4] https://studyx.ai/homework/103119727-sulah-satu-aktivitas-belajar-di-kelas-digital-lms-adalah-peserta-didik-mempelajari-materi
[5] https://batu.jatimnetwork.com/pendidikan/99813374811/ini-kunci-jawaban-30-soal-pretest-level-2-pembatik-2024?page=14
[6] https://m.tribunnews.com/pendidikan/2024/08/19/kunci-jawaban-pretest-pembatik-level-2-implementasi-2024-lingkungan-belajar-mengandung-arti?page=3