Proses inkuiri apresiatif harus dimulai dengan filosofi dan visi yang berpusat pada kepentingan siswa. Dari sana kemudian diturunkan menjadi tujuan-tujuan rinci berupa prakarsa perubahan. Rumusan visi yang tepat adalah…
A. Mewujudkan generasi yang memiliki karakter, prestasi, dan menguasai IPTEK
B. Mencetak siswa unggul dalam proses berkarakter, berbudaya, peduli lingkungan, berwawasan global disertai iman dan takwa
C. Menyediakan suasana positif, aman, dan mengembangkan minat siswa untuk menjadi pemelajar yang mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya
D. Mewujudkan insan Indonesia berbudi pekerti luhur, peduli, berbudaya, berwawasan lingkungan unggul dalam prestasi, dan kompetitif dalam dunia global
Dalam konteks proses inkuiri apresiatif yang berfokus pada kepentingan siswa, rumusan visi yang tepat harus mencerminkan filosofi dan tujuan yang mendukung perkembangan siswa secara holistik. Visi tersebut harus berpusat pada kebutuhan dan potensi siswa, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan mandiri.
Pilihan yang paling sesuai dengan prinsip ini adalah:
C. Menyediakan suasana positif, aman, dan mengembangkan minat siswa untuk menjadi pemelajar yang mandiri sepanjang hayat dalam mencapai potensi terbaiknya.
Alasan utama memilih opsi ini adalah karena visi tersebut menekankan pada penciptaan lingkungan yang positif dan aman, serta mendorong siswa untuk mengembangkan minat dan menjadi pemelajar mandiri. Hal ini sejalan dengan filosofi pendidikan yang berpusat pada siswa, di mana pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi masing-masing siswa, sebagaimana dijelaskan dalam berbagai literatur pendidikan yang menekankan pentingnya pembelajaran yang berpihak pada siswa dan menumbuhkan potensi mereka[2][5].
Citations:
[1] https://temanggung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-2616000962/proses-inkuiri-apresiatif-harus-dimulai-dengan-filosofi-dan-visi-yang-berpusat-pada-kepentingan-murid-adalah?page=all
[2] https://kaltimkita.com/detailpost/pembelajaran-yang-berpusat-kepada-siswa-filosofi-pemikiran-ki-hajar-dewantara
[3] https://reginapacis.sch.id/sekolah-visi-misi-pendidikan-karakter/
[4] https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2114/5/63111059-Bab4.pdf
[5] https://suarabaru.id/2022/12/06/manajemen-inkuiri-apresiatif-mewujudkan-visi-lebih-bermakna
[6] https://www.kompas.id/baca/opini/2023/03/19/pembelajaran-berpusat-pada-siswa-atau-guru
[7] https://kemenag-nunukan.com/pengertian-tujuan-karakter-serta-kelebihan-dan-kekurangannya/