0
0 Comments

Perseroan Terbatas (PT) “Manisku” merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha industri gula. PT. “Manisku” dipimpin oleh seorang Direktur yang dibantu oleh empat Manajer dalam melaksanakan kegiatan perusahaan. Direktur bertugas untuk mengkoordinir tugas-tugas keempat manajer, untuk membentuk sebuah hubungan kerja yang dinamis.
PT. “Manisku” senantiasa melakukan perencanaan kegiatan untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Perencanaan kegiatan dilakukan pada setiap awal tahun dan tertuang dalam program kerja perusahaan. PT. “Manisku” juga melakukan pengendalian manajemen yaitu berupa audit manajemen.
Di bawah ini merupakan informasi tentang kondisi PT. “Manisku” sebagai berikut:
Penilaian produktivitas karyawan pada tahun 2022 sebesar 6,54% lebih kecil daripada yang dianggarkan yaitu 7,68%.
Perencanaan karyawan PT. “Manisku” tahun 2022 sebesar 687 orang, dengan rincian: 124 bagian tata usaha; 130 bagian tanaman; 193 bagian pabrikan; 240 bagian teknik. Namun, kenyataan yang ada pada tahun 2022 total keseluruhan karyawan sebesar 728 orang. Dengan rincian: 90 orang tata usaha, 165 orang bagian tanaman, 250 orang bagian pabrikasi, 245 orang pada bagian teknik.
Perencanaan karyawan memuat secara jelas kualifikasi SDM yang dibutuhkan sesuai dengan posisi masing-masing. Untuk calon karyawan berlatar belakang pendidikan SMK diperuntukan sebagai bagian operator dan D3 atau S1 sebagai posisi staf atau kepala divisi.
Produksi gula dilakukan pada bagian pabrikasi dan bagian teknik. Jumlah karyawan pada bagian pabrikasi dan bagian teknik sebesar 473 orang. Sedangkan perencanaannya sebesar 433 orang. PT. “Manisku” merencanakan produksi gula untuk tahun 2022 sebesar 153.196,80 ton. Namun hasil produksi gula hanya mencapai 142.480,80 ton.
Pelaksanaan rekrutmen karyawan, PT. “Manisku” telah mencantumkan secara jelas tentang latar belakang pendidikan yang diinginkan perusahaan. Penyebaran informasi rekrutmen yaitu bekerja sama dengan pihak sekolah kejuruan, universitas, koran nasional, job fair dan website perusahaan. Rekrutmen SDM PT. “Manisku” dilakukan secara bertahap, yaitu melalui psikotes, wawancara dan tes kesehatan.
Seleksi dan penempatan karyawan melibatkan calon atasan dari karyawan, hal ini digunakan untuk mengetahui dan mengenal calon karyawan yang akan menjadi bagian dari unitnya. Seleksi dan penempatan karyawan harus dilakukan secara selektif, sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang dimiliki calon karyawan.
Pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan karyawan ditetapkan oleh SK Direksi.
Penilaian kinerja dilakukan secara periodik, yaitu dua kali dalam setahun. Petugas penilai merupakan manajer dari karyawan yang dinilainya.
Kompensasi dan balas jasa yang dilakukan harus melebihi batas Upah Minimum Regional (UMR) Kota Tangerang Selatan pada tahun 2022, yaitu sebesar Rp 4.280. 214,51. PT. “Manisku” memberikan kompensasi dan balas jasa sebesar Rp 4.500.000,-.
Keselamatan dan kesehatan kerja, perusahaan menanggung keselamatan dan kesehatan kerja karyawan beserta keluarga. Pada waktu memasuki lokasi pabrik, perusahaan memberikan peralatan pengamanan seperti helm dan sepatu safety guna menghindari resiko terjadinya kecelakaan kerja. PT. “Manisku” terus melakukan sosialisasi keselamatan kerja melalui papan dan banner.
Pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahan disebabkan karena usia karyawan telah melebihi usia kerja yang ditetapkan perusahaan, yaitu 56 tahun. Dalam pemutusan hubungan kerja, PT. “Manisku” tidak pernah melakukan pemecatan karyawan. Dalam program pemutusan hubungan kerja, karyawan diberikan pelatihan masa persiapan pensiun.

Berdasarkan informasi di atas, Saudara sebagai auditor diminta untuk:
Menganalisis fungsi Perencanaan, Rekrutmen dan Seleksi karyawan PT. “Manisku”!

Petunjuk Pengerjaan:
Untuk menganalisis kasus di atas, dimulai dengan:
Mengidentifikasi kondisi perusahaan yaitu: suatu tindakan atau kejadian yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan
Membuat kriteria audit, yaitu: informasi tentang data atau doukumen tentang data-data perusahaan
Menetapkan penyebab (causes) yaitu: keputusan/kebijakan yang dilakukan oleh pimpinan atau tindakan yang dilakukan karyawan
Menemukan effect (akibat) yaitu suatu dampak yang ditimbulkan
Memahami efisiensi
Gunakan contoh kuesioner yang ada di BMP, untuk memudahkan Saudara dalam menganalisis kasus di atas

Question is closed for new answers.
Frans Eka Selected answer as best 29/05/2024
Add a Comment