Pak Jojo seorang guru IPAS yang sangat kreatif. Beliau sering membuat berbagai macam media pembelajaran dengan berbagai jenis dan selalu digunakan di dalam kelas. Namun sayangnya, tidak semua murid Pak Jojo bisa memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat oleh Pak Jojo, karena keterbatasan perangkat. Alhasil, banyak murid yang hanya diam dan tidak mengikuti pelajaran dengan baik.
Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut diatas, dalam pengembangan media pembelajaran, prinsip apa yang belum dilakukan oleh Pak Jojo?
A. Tujuan dan Peserta didik
B. Fleksibilitas dan Biaya pengadaan
C. Kualitas teknis dan fleksibilitas
D. Peserta didik dan ketersediaan
E. Efektivitas dan alokasi waktu
Berdasarkan ilustrasi yang diberikan, prinsip yang belum dilakukan oleh Pak Jojo dalam pengembangan media pembelajaran adalah Peserta didik dan ketersediaan (opsi D).
Penjelasan:
- Peserta didik: Media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dalam kasus ini, tidak semua murid Pak Jojo dapat memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat karena keterbatasan perangkat yang mereka miliki. Ini menunjukkan kurangnya pertimbangan terhadap aksesibilitas dan kemampuan siswa dalam menggunakan media tersebut[1][4].
- Ketersediaan: Media pembelajaran yang efektif harus tersedia dan dapat diakses oleh semua siswa. Keterbatasan perangkat yang dialami oleh murid-murid Pak Jojo menunjukkan bahwa media tersebut tidak sepenuhnya tersedia untuk semua peserta didik, sehingga menghambat proses belajar mereka[1][4].
Dengan demikian, Pak Jojo perlu mempertimbangkan ketersediaan dan aksesibilitas media pembelajaran untuk memastikan semua siswa dapat berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Citations:
[1] https://mahasiswa.ung.ac.id/708522001/home/2022/10/15/pengembangan-media-pembelajaran.html
[2] https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/media-pembelajaran/kriteria-pemilihan-media-pembelajaran-yang-baik
[3] https://www.kompasiana.com/inayamhar/5fcdf2dd8ede485b8132db42/video-pembelajaran-untuk-mengatasi-keterbatasan-media-selama-belajar-dari-rumah-di-tingkat-paud
[4] https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/article/download/92/96
[5] https://www.kompasiana.com/romadhonaptrw/60e9168315251005480f08c2/keterbatasan-alat-pembelajaran-menjadi-hambatan-interaksi-selama-masa-pandemi-covid-19
[6] https://educhannel.id/artikel/media-pembelajaran/prinsip-media-pembelajaran.html