0
0 Comments

Pak Erwin mengajar kelas IV di SD di daerah perkotaan. Setiap hari nampak pemandangan
kemacetan lalu lintas di depan sekolah. dan juga sekeliling sekolah banyak pemandangan gedung-gedung menjulang tinggi. Para siswa setiap hari akan menemukan pemandangan padatnya kegiatan kehidupan masyarakat perkotaan.

Di kelas IV terdapat 30 orang anak. Siswa di dalam kelas bersifat heterogen mulai dari latar belakang, keadaan ekonomi, suku bangsa juga lingkungan tempat tinggalnya, ada yang berasa dari perumahan cluster dan juga pemukiman penduduk. Mata pencaharian Orang tuanya juga sangat beragam, ada yang berada pada tahap ekonomi rendah, sedang juga tinggi. Dari 30 siswa yaitu 20 siswa laki-lakidan 10 siswa perempuan.

Pak Erwin mengajar pelajaran IPS dengan topik kegiatan pada musim hujan di Pedesaan. Kegiatan dimulai dengan guru melakukan pretest kemudian apersepsi dan memasang gambar musim hujan di papan tulis. Kemudian siswa ditugaskan membaca materi pada buku siswa, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Kegiatan yang dibahas antara lain banyak orang di desa yang mulai
menanam padi, dan juga ada yang memanen sayuran.

Sebelum mengakhin pembelajaran, Pak Erwin bersama siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari, kemudian melakukan post test. Setelah hasi test diperiksa Pak Erwin sangat kecewa, sebab hasil pretest dengan post test tidak banyak kemajuan. Rata-rata nilai siswa sebelum pembelajaran adalah 5.5 dan hasil nilai post test adalah 6.5. Banyak siswa yang belum mencapai KKM yaitu 7.0. Pak Erwin terus berfikir apa yang salah dengan pembelajaran topik Kegiatan di Musim Hujan di Pedesaan pada pembelajaran IPS ini.
PERTANYAAN:
1. Uraikan 3 (tiga) penyebab siswa tidak dapat mencapai KKM dalam kasus pembelajaran IPS
diatas!
2. Jika anda menjadi pak Erwin. Bagaimana caranya mengajarkan topik kegiatan manusia pada musim hujan di pedesaan seperti pada kasus diatas ? Susunlah suatu rencana perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK), Rencana tersebut mencakup (1) Identifikasi masalah, (2) Analisis masalah, (3) Rumusan masalah, (4) Tujuan Perbaikan dan (5) Langkah perbaikan. Untuk langkah perbaikannnya. Kembangkkan prosedure pembelajaran yang akan ditempuh (kegiatan awal, inti, penutup). Beri alasan mengapa langkah perbaikan dibuat seperti itu

Question is closed for new answers.
Frans Eka Selected answer as best 28/05/2024
Add a Comment