Media pembelajaran yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time adalah …
A. Multimedia Interaktif
B. Augmented Reality (AR)
C. Game Edukasi
D. Animasi Digital
E. Virtual Reality (VR)
Media pembelajaran yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time adalah B. Augmented Reality (AR).
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang mengombinasikan objek nyata dan virtual, memungkinkan benda virtual untuk muncul dalam lingkungan nyata secara real-time. Teknologi ini dapat menampilkan objek virtual 2D dan 3D di dunia nyata, memberikan pengalaman yang interaktif dan imersif dalam proses pembelajaran[2][7][11].
Citations:
[1] https://educhannel.id/artikel/media-pembelajaran/game-edukasi.html
[2] https://iptek.co.id/penggunaan-augmented-reality-pada-bidang-pendidikan/
[3] https://mpar.upi.edu/mengenal-lebih-dekat-virtual-reality-dan-augmented-reality-dalam-pendidikan-pariwisata/
[4] https://smkn3ppu.sch.id/read/4/mengenal-multimedia-interaktif
[5] https://eprints.uny.ac.id/64777/4/4. Bab II.pdf
[6] https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
[7] https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/download/42845/42452/110269
[8] https://blog.unmaha.ac.id/animasi-di-era-digital-sebuah-pengantar-ke-dunia-visualisasi-kreatif/
[9] https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51618/1/Book.pdf
[10] https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/download/5478/4171
[11] https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/viewFile/8525/5566