0
0 Comments

Ketika teknologi berkembang pesat, batas-batas wilayah menjadi semakin kabur. Hal ini membuat subjek penelitian antropolog tidak bisa lagi sebatas masyarakat sederhana atau unit terkecil dari kebudayaan, tetapi menjadi meluas ke masyarakat kompleks.

Masyarakat mungkin dapat berubah dari sederhana menjadi kompleks, dari desa menjadi kota, namun masyarakat tetap berada dan melangsungkan kebudayaannya dari waktu ke waktu. Hal ini menjadikan lapangan studi antropologi tidak akan pernah hilang. Yang dibutuhkan antropolog dalam proses perubahan masyarakat adalah menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan bentuk perubahan masyarakat dan kebudayaan yang akan dikaji.

Perubahan kebudayaan tentu akan berimbas pada berubahnya sistem sosial masyarakat. Ketika sistem sosial berubah maka seorang antropolog harus menemukan pola baru dari sistem sosial yang berubah tersebut. Penemuan pola baru ini dalam rangka memberikan penjelasan tentang bagaimana kebudayaan masyarakat tersebut di masa mendatang.

Perubahan dunia yang berlangsung cepat dengan kehadiran teknologi turut melahirkan kemampuan adaptasi di tengah masyarakat. Antropolog seharusnya mampu melihat kemampuan-kemampuan adaptasi seperti apa yang dikembangkan oleh masyarakat dalam konteks kemajuan teknologi saat ini.

Berikan pendapat saudara tentang manfaat praktis ilmu antropologi dalam pembangunan Indonesia saat ini.

Question is closed for new answers.
Frans Eka Selected answer as best 4 hari ago
Add a Comment