Keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh guru adalah menggunakan teknologi digital sehingga dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali…
A. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor
B. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS
C. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring
D. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar
E. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital
Dalam konteks pemanfaatan teknologi digital oleh guru untuk mengelola pembelajaran, semua opsi yang diberikan adalah contoh penggunaan teknologi digital, kecuali satu. Berikut adalah penjelasan untuk setiap opsi:
A. Berbagi e-rapor: Ini adalah contoh pemanfaatan teknologi digital, di mana guru berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas untuk membuat laporan hasil belajar siswa dalam format elektronik.
B. Mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS: Learning Management System (LMS) adalah platform digital yang digunakan untuk mengelola dan menyimpan portofolio siswa, sehingga ini merupakan contoh pemanfaatan teknologi digital.
C. Mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring: Ini melibatkan penggunaan teknologi digital untuk pengembangan profesional guru melalui kursus atau pelatihan online.
D. Melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar: Ini adalah contoh pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan penilaian terhadap siswa menggunakan platform khusus.
E. Mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital: Ini juga merupakan contoh penggunaan teknologi digital untuk mempermudah proses pengoreksian ujian.
Dari semua opsi tersebut, semuanya merupakan contoh pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. Namun, jika kita mencari opsi yang paling tidak terkait langsung dengan pengelolaan pembelajaran siswa, maka C. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring lebih berfokus pada pengembangan profesional guru daripada langsung mengelola pembelajaran siswa.
Citations:
[1] https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/download/91/91
[2] https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/download/45723/18034
[3] https://guruinovatif.id/artikel/cara-memanfaatkan-teknologi-dalam-pendidikan-yang-guru-harus-tahu
[4] https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/6-tips-memanfaatkan-teknologi-dalam-pengajaran-di-kelas
[5] https://studyx.ai/homework/103083195-keterampilan-yang-diharapkan-dimiliki-oleh-guru-adalah-menggunakan-teknologi-digital