0
0 Comments

Kehadiran Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan babak baru bagi tata kelola atau manajemen pemerintahan di Indonesia.

Berdasarkan kebijakan tersebut, seluruh instansi pemerintah wajib menerapkan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government.

Digitalisasi sistem pemerintahan, adalah salah satu cara untuk mereformasi birokrasi yang bermuara pada pelayanan publik yang prima. Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) secara optimal akan berdampak pada integrasi sistem sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Semua pimpinan instansi pemerintah, dari pusat hingga daerah, harus mendukung akselerasi SPBE pada tiga domain utama, yaitu kebijakan, tata kelola, dan layanan.

Kesiapan aparatur negara diperlukan untuk mengantisipasi proses globalisasi dan demokratisasi agar pemerintah melakukan perubahan mendasar pada sistem dan mekanisme pemerintahan, penyusunan kebijakan dan program pembangunan yang membuka ruang partisipasi masyarakat, dan pelayanan publik yang memenuhi aspek transparansi, akuntabilitas, dan kinerja tinggi.

Sumber: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/babak-baru-sistem-pemerintahan-berbasisel-ektronik

Soal: Pahami terkait dengan artikel diatas, mengenai kehadiran Perpres No. 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Berdasarkan kebijakan tersebut, seluruh instansi pemerintah wajib menerapkan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government. Silahkan anda analisis, menggunakan faktor-faktor lingkungan yang menyebabkan terjadinya perubahan system tata Kelola Pemerintahan dari tradisional menuju pemerintahan berbasis elektronik seperti sekarang ini!

(Petunjuk: Silahkan saudara pahami dan jelaskan terlebih dahulu mengenai ekologi administrasi, kemudian analisis faktor perubahan tata Kelola pemerintahan sesuai dengan soal diatas sesuai dengan faktor-faktor lingkungan yang mendukung adanya perubahan tersebut!)

Question is closed for new answers.
Frans Eka Selected answer as best 29/05/2024
Add a Comment