0
0 Comments

Kabupaten Magelang terdapat banyak UMKM, yang memenfaatkan kerajinan dari bahan baku Eceng Gondok yang dibuat anyaman. Produk yang dihasilkan antara lain tas, dompet, tempat tisu, pot tanaman, keranjang, sandal hingga ke kursi. Beragamnya produk yang dihasilkan menjadikan produk tidak selalu melewati aliran yang sama. Di dalam fasilitas produksi, produk diatur melewati produksi dalam ukuran-ukuran tertentu yang disebut batch atau lot.
Setiap batch bergerak mengalir dari satu pusat kerja menuju pusat kerja yang lain. Misalnya, kulit mentah yang diproses ada yang melewati proses pewarnaan, emboss, atau penghalusan sesuai jenis produk akhir yang dihasilkan. Setiap produk dapat memiliki aliran proses yang berbeda melalui stasiun-stasiun kerja yang ada. Hal ini mengakibatkan aliran proses tidak mengalir secara teratur, namun bersifat tidak teratur dan melompat-lompat. Produk yang dihasilkan tidak dibuat dalam jumlah yang besar, namun telah ditentukan kuantitasnya untuk setiap varian produk.

Jenis proses produksi berdasarkan aliran produk yang manakah yang diterapkan dalam pengolahan kerajinan tersebut? Serta berikan penjelasan jawaban anda!

Question is closed for new answers.
Frans Eka Selected answer as best 13/05/2024
Add a Comment