Dalam BAGJA, kegiatan menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukan kekuatan potensi peluang lewat investigasi atau pendidikan, mengidentifikasi atau mengapresiasi dari apa yang sudah ada dan menemukan ‘inti positif’ adalah gambaran dari langkah…
A. Ambil pelajaran
B. Buat pertanyaan
C. Gali mimpi
D. Atur eksekusi
Dalam pendekatan BAGJA, kegiatan menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukan kekuatan, potensi, dan peluang lewat investigasi atau pendidikan, serta mengidentifikasi atau mengapresiasi dari apa yang sudah ada dan menemukan ‘inti positif’, merupakan gambaran dari langkah A. Ambil pelajaran (Discover)[1][2][3].
Langkah ini berfokus pada pengumpulan dan pengidentifikasian hal-hal positif yang telah ada, serta menggali lebih dalam untuk memahami kekuatan dan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk perubahan positif.
Citations:
[1] https://cdn-gbelajar.simpkb.id/s3/p3k/PGP/Modul 1.3/Contoh Sederhana Menerapkan Inkuiri Apresiatif – Modul 1.3.pdf
[2] https://temanggung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-2617108413/dalam-bagja-kegiatan-menyusun-pertanyaan-lanjutan-untuk-menemukenali-kekuatanpotensipeluang?page=all
[3] https://www.depoedu.com/2022/10/03/edu-talk/implementasi-bagja-pada-penerapan-model-pembelajaran-inovatif-bagian-kedua-dari-dua-tulisan/
[4] https://www.melintas.id/pendidikan/343021337/modul-13-guru-penggerak-bagja-buat-pertanyaan-ambil-pelajaran-gali-mimpi-jabarkan-rencana-atur-eksekusi?page=2
[5] https://www.akurat.co/parenting/1304759310/dalam-bagja-kegiatan-menyusun-pertanyaan-lanjutan-untuk-menemukenali-kekuatanpotensi-peluang-lewat-apa
[6] https://sumsel.tribunnews.com/2024/06/26/jawaban-soal-dalam-bagja-kegiatan-menyusun-pertanyaan-lanjutan-untuk-menemukenali-kekuatanpotensi
[7] https://kumparan.com/berita-hari-ini/konsep-bagja-dalam-program-pendidikan-guru-penggerak-pgp-dan-penerapannya-22fQBDKgmGW
[8] https://kumparan.com/berita-terkini/ketahui-contoh-pernyataan-prakarsa-perubahan-dengan-bagja-22f5B3aTSPc