Bagaimana pengaruh kecerdasan sosial emosional terhadap hasil belajar siswa?
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dapat dirangkum sebagai berikut:
Hubungan Positif antara Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar
Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa:
- Terdapat korelasi positif antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kognitif, dengan nilai r sebesar 0,432 dan p < 0,05. Ini berarti semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, semakin tinggi pula hasil belajar kognitif yang diperoleh[4].
- Ditemukan hubungan yang positif signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh, dan sebaliknya[3].
Besaran Pengaruh Kecerdasan Emosional
Beberapa penelitian mengungkapkan besaran pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar:
- Angka koefisien determinasi R Square sebesar 0,161, menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar adalah sebesar 16,1%[5].
- Nilai signifikansi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa adalah 0,016 < 0.05, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan[7].
Aspek Kecerdasan Emosional yang Berpengaruh
Kecerdasan emosional meliputi beberapa aspek yang berperan dalam mempengaruhi hasil belajar, antara lain:
- Kemampuan mengenali emosi diri
- Kemampuan mengelola emosi
- Kemampuan memotivasi diri
- Kemampuan mengenali emosi orang lain
- Kemampuan membina hubungan dengan orang lain[3]
Pentingnya Pengembangan Kecerdasan Emosional
Beberapa penelitian menekankan pentingnya pengembangan kecerdasan emosional siswa:
- Kecerdasan emosional perlu diperhatikan, dilatih dan dikembangkan oleh orang tua dan guru dalam proses pembelajaran[7].
- Kecerdasan emosional tidak dipengaruhi faktor keturunan, sehingga membuka kesempatan bagi orang tua dan guru untuk melatih dan mengembangkannya agar siswa memiliki peluang lebih besar meraih kesuksesan[7].
Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa beberapa penelitian juga menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar[1][2]. Hal ini menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi hubungan antara kedua variabel tersebut.
Citations:
[1] https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/2735-Full_Text.pdf
[2] https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/6060/1/IMAN FIRMANSYAH-FPS.PDF
[3] http://repository.unp.ac.id/25319/1/5_YANTI_OKTAVIA_15006053_5797_2019.pdf
[4] https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/16800
[5] https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14019/Skripsi M. Nur Muslim (13422012).pdf?isAllowed=y&sequence=1
[6] https://repository.uir.ac.id/5521/1/136511352.pdf
[7] https://journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/download/103/75
[8] https://journal.unnes.ac.id/nju/harmonia/article/download/56/3818