Apa saja tantangan maupun hambatan yang mungkin saja dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran sosial emosional siswa?
Berdasarkan informasi dari hasil pencarian, beberapa tantangan dan hambatan utama yang mungkin dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran sosial emosional (SEL) siswa adalah:
Keterbatasan Waktu dan Sumber Daya
- Kurangnya waktu dalam kurikulum yang sudah padat untuk mengintegrasikan SEL[1][2].
- Keterbatasan sumber daya dan anggaran untuk program SEL[1][8].
- Fokus yang lebih besar pada pencapaian akademis dibandingkan pengembangan keterampilan sosial emosional[2].
Kurangnya Pelatihan dan Keterampilan Guru
- Kurangnya pelatihan khusus bagi guru dalam mengajarkan keterampilan sosial emosional[2][7].
- Guru merasa tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengajarkan SEL secara efektif[2][7].
- Keterbatasan dalam pengembangan keterampilan SEL guru sendiri[7].
Tantangan Terkait Siswa
- Kesiapan siswa yang berbeda-beda untuk menerima pembelajaran SEL[1].
- Resistensi atau kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran keterampilan sosial emosional[2][6].
- Kebutuhan sosial emosional siswa yang beragam dan kompleks, terutama pasca pandemi[4][6].
Dukungan Sistem yang Kurang
- Kurangnya dukungan dari sekolah/madrasah terhadap program pengembangan keterampilan sosial emosional[2].
- Tantangan dalam berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas sekolah untuk mendukung SEL[2][8].
- Kurangnya pemahaman dan kesadaran orang tua terhadap pentingnya SEL[8].
Beban Kerja dan Stres Guru
- Beban kerja guru yang sudah tinggi, ditambah dengan tuntutan untuk mengimplementasikan SEL[1].
- Stres dan kelelahan guru yang dapat menghambat efektivitas pengajaran SEL[1][7].
Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, diperlukan dukungan sistem yang komprehensif, termasuk pelatihan guru yang memadai, alokasi waktu dan sumber daya yang cukup, serta kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas dalam mengimplementasikan pembelajaran sosial emosional secara efektif.
Citations:
[1] http://blog.smilingmind.com.au/overcoming-the-barriers-to-implementing-sel
[2] https://padang.kemenag.go.id/post/tantangan-guru-dalam-membentuk-keterampilan-sosial-siswa-oleh-isrizal-mpd-kepala-mtsn-1-kota-padang
[3] https://www.panoramaed.com/blog/challenges-teachers-face-implementing-sel
[4] https://blog.kejarcita.id/peran-guru-sebagai-teladan-pembelajaran-keterampilan-sosial-emosional/
[5] https://www.studocu.com/id/document/universitas-jambi/manajemen-strategi/aksi-nyata-pse-t/53526654
[6] https://www.edweek.org/leadership/top-3-barriers-to-teaching-social-emotional-learning-and-one-big-takeaway/2022/12
[7] https://wordpress.lessonbee.com/blog-the-biggest-challenges-to-implementing-social-emotional-learning/
[8] https://www.kompasiana.com/anifasmaudin3465/655410acee794a06593e5982/perubahan-positif-pada-murid-dampak-penerapan-pembelajaran-sosial-emosional-pse