Apa manfaat jangka panjang dari pembelajaran sosial emosional?
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran sosial emosional (SEL) memberikan beberapa manfaat jangka panjang yang signifikan bagi siswa, antara lain:
- Peningkatan prestasi akademik. Siswa yang mengikuti program SEL menunjukkan peningkatan nilai akademik sebesar 11-13 poin persentil dibandingkan siswa yang tidak mengikuti program tersebut[1][2].
- Perkembangan keterampilan sosial dan emosional yang lebih baik. SEL membantu siswa mengembangkan kemampuan mengelola emosi, berempati, membangun hubungan positif, dan membuat keputusan yang bertanggung jawab[1][4].
- Perilaku positif yang lebih baik. Siswa yang mengikuti SEL menunjukkan peningkatan perilaku prososial dan penurunan masalah perilaku[1][2].
- Pengurangan masalah emosional. SEL dapat mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan stres pada siswa[1][7].
- Peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan[4].
- Peningkatan kemampuan mengatasi stres dan kesulitan[1].
- Hasil hidup yang lebih baik di masa dewasa. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial-emosional yang dipelajari di sekolah dasar dapat memberikan manfaat hingga 18 tahun kemudian dalam hal akademik, masalah perilaku, tekanan emosional, dan penggunaan narkoba[3].
- Peningkatan persepsi keamanan dan inklusi di sekolah[7].
- Pengembalian investasi yang tinggi. Setiap $1 yang diinvestasikan dalam program SEL menghasilkan pengembalian $11 dalam jangka panjang[2].
Dengan demikian, pembelajaran sosial emosional tidak hanya bermanfaat selama masa sekolah, tetapi juga memberikan keterampilan penting yang akan membantu siswa berhasil dalam kehidupan mereka di masa depan.
Citations:
[1] https://www.educationalinnovation360.com/blogs/what-are-the-long-term-benefits-of-teaching-social-emotional-skills-in-elementary-school
[2] https://blog.schoolmint.com/the-long-term-benefits-of-social-and-emotional-learning
[3] https://www.beatthestreets.ca/latest-news/2021/6/10/what-are-the-short-term-and-long-term-benefits-of-social-emotional-learning-sel
[4] https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2019.01282/full
[5] https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED505370.pdf
[6] https://perrjournal.com/index.php/perrjournal/article/view/199
[7] https://medicine.yale.edu/news-article/new-research-published-in-child-development-confirms-social-and-emotional-learning-significantly-improves-student-academic-performance-well-being-and-perceptions-of-school-safety/
[8] https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-sosial-emosional/